Chris Andrew Yorick Nathaniel

2101700346

Design Concept Statement yang diusulkan pada Food Court Bandara Internasional Ngurah Rai Bali adalah Sorai Terai Berundak. Konsep desain tersebut bertujuan untuk menciptakan sebuah ruang yang mampu menyatukan wilayah dengan keunikan yang berbeda di dalam Food Court serta dapat menampilkan keindahan dari budaya Bali. Pada saat di Bandara, banyak aktivitas yang berlangsung seperti bepergian ataupun datang ke kota dimana lokasi Bandara tersebut.

Potensi tersebut tidak hanya hal-hal yang berhubungan dengan suara tapi juga dalam bentuk kolaborasi dan karakter dari pengguna Bandara. Memorable experience yang tercipta pada Food Court dapat memiliki nilai yang berharga bagi kostumer sehingga mereka pun menjadi gembira pada saat mengunjungi perancangan Food Court ini. Konsep Sorai Terai Berundak ini disusun berdasarkan filosofi hidup masyarakat Bali yakni, Tri Hita Karana.

Prinsip pelaksanaannya harus seimbang, selaras antara satu dan lainnya sehingga apabila tercapai, manusia akan hidup dengan keseimbangan, tenteram, dan damai alias merasakan kehangatan. Design Concept Statement Sorai Terai Berundak yang diusulkan dengan konsep filosofi Bali, Tri Hita Karana dapat menimbulkan nilai-nilai keharmonisan dan kebahagiaan pada penggunanya. Sorai Terai Berundak dan Tri Hita Karana saling berhubungan dikarenakan kedua konsep tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mencapai sebuah kehangatan serta rasa bahagia.