Ervin

2101660626

Proses desain merupakan sebuah tahap yang penting untuk dijalankan pada saat menentukan studi literatur, data observasi, melakukan wawancara hingga tahap pengembangan desain. Dalam perancangan interior hotel kapsul dengan penerapan sustainable design di Batam penulis menerapkan konsep “Selintas rongga waktu” yang dimana “selintas waktu” yang berarti cepat (transit) dan “rongga” menggambarkan akustik yang baik pada ruangan. Konsep tersebut menerapkan sustainable design, bahan penyerap suara dan fasilitas yang futuristik.

Terdapat beberapa hotel kapsul yang masih belum mengoptimalkan sirkulasi, pencahayaan, dan ergonomi pada interior hotel kapsul yang dimana dapat mengganggu kenyamanan tamu hotel kapsul sehingga beberapa individu memiliki tingkat kenyamanan yang rendah dan memiliki kesan yang kurang baik bagi hotel kapsul. Dengan konsep yang diterapkan ada hotel kapsul tersebut, perancangan akustik ruang yang tinggi dengan bahan penyerap suara serta ramah lingkungan seperti material cork dapat meningkatkan kualitas akustik ruang dan efisiensi tamu pada hotel kapsul berdasarkan aktivitas yang dilakukan pada setiap ruangan dan dapat mengedukasi masyarakat mengenai sustainability. 

Teknologi dan keamanan juga merupakan unsur penting pada hotel kapsul, mengingat manusia pada era sekarang sangat bergantung pada teknologi, memiliki karakter emosional yang tinggi dan selalu ingin cepat. Maka teknologi yang tinggi yang dapat meningkatkan keamanan bagi tamu hotel kapsul serta meningkatkan efisiensi sehingga dapat memberikan dampak positif dan dapat dijadikan salah satu nilai jual untuk menarik perhatian tamu.