Venny Cornellya Cristy

2101677665

Koleksi Pribadi dari karya seni para seniman ternama pentik untuk dilestarikan, oleh karena itu dibutuhkan perancangan interior museum koleksi pribadi yang kekinian dan dapat dilihat oleh masyarakat sampai generasi mendatang. Salah satunya karya-karya dari Basoeki Abdullah, Basoeki Abdullah merupakan salah seorang maestro pelukis Indonesia. Kurangnya kebutuhan aktifitas dan fasilitas di museum dan pengunjung cenderung menyukai tempat-tempat yang menyuguhkan suasana dan pengalaman baru yang menjadi penyebab dari tujuan Perancangan Interior Museum Lukisan Dan Koleksi Pribadi Basoeki Abdullah Di Jakarta.

Design Statement yang akan diterapkan pada Perancangan Interior Museum Lukisan Dan Koleksi Pribadi Basoeki Abdullah Di Jakarta ini adalah “Sapuan Mara”, Arti kata sapuan mara tersebut adalah “sapuan” yang diartikan sebagai hasil sapuan dan “mara” diartikan sebagai kecantikan abadi. Konsep sapuan mara ini merupakan konsep interior yang diawali oleh riset tentang Museum Basoeki Abdullah. Sapuan mara ini terinspirasi dari sapuan kuas dari lukisan Basoeki Abdullah yang memberikan warna pada kanvas dengan cara menyapukan warna-warna tertentu menggunakan kuas pada sebuah bidang kanvas sehingga menghasilkan suatu karya yang indah.

Citra ruang yang ingin ditampilkan dalam perancangan Museum Basoeki Abdullah ini adalah museum yang menggunakan media interaktif sehingga pengunjung yang akan datang untuk berkunjung mendapatkan pengalaman yang baru dan dapat berinteraksi dengan adanya penerapan teknologi.