Rielda Anjani

2101672916

Jumlah penduduk lanjut usia di Indonesia meningkat setiap tahunnya. Hal ini membawa perubahan struktur segitiga usia dalam keluarga dan seringkali menyebabkan lansia terlantar secara psikis maupun sosial. Panti Jompo merupakan salah satu tempat yang dapat memperdayakan kehidupannya. Masa lanjut usia merupakan fase dimana terjadinya degeneratif yang terjadi secara biologis, psikologis dan sosial. Perubahan yang terjadi menjadikan lanjut usia mengalami keterbatasan dan kualitas hidupnya mengalami penurunan. Melihat penurunan tersebut kebutuhan hidup lanjut usia berbeda dengan kebutuhan hidup penduduk usia produktif pada umumnya.

Fasilitas di panti jompo harus dapat mengakomodasi permasalahan biologis lanjut usia dalam penurunan kognitif dan motorik, dengan menerapkan keamanan dan kemudahan pada setiap furniture, aksesibilitas, pencahayaan dan petunjuk jalan. Tidak sedikit juga lanjut usia yang belum dapat memahami bagaimana menghadapi masa lanjut usianya, sehingga banyak lanjut usia merasakan kesepian, tak berguna, mengalami stress dan permasalahan psikologis lainnya.

Penerapan warna, material dan bentuk yang disesuaikan dengan aktivitasnya juga menjadi hal penting bagi lanjut usia. Tidak hanya dapat menciptakan suasana tenang, sejuk dan hangat namun dapat membantu menstimulasi panca indra lanjut usia. Lingkungan yang sesuai dapat memberikan dampak positif bagi psikologis dan kesehatan lanjut usia. Diharapkan Panti Jompo bukan lagi menjadi tempat yang dipandang sebelah mata namun dapat menjadi tempat yang dapat menciptakan harapan baru bagi setiap individu dan menciptakan lanjut usia yang sehat, mandiri dan produktif.