Yosafat Christopher Evan Ariadi

2001582711

Perancangan interior pusat edukasi tumbuh kembang dan pola asuh anak usia dini yang berlokasi di Grand Mall Batam merupakan salah satu perancangan yang mendukung proses edukasi pola asuh dalam memperhatikan tumbuh kembang anak usia dini dari umur nol hingga enam tahun melalui fasilitas bermain secara motorik dan kognitif dengan menggunakan pendekatan permainan teknologi interaktif. Melalui perancangan pusat edukasi ini, peran orangtua juga dilibatkan dalam memberikan pengarahan dalam memperhatikan cara mengasuh yang baik dan tepat terhadap tumbuh kembang anak dari konsultasi langsung dengan para ahli yang berada di pusat edukasi.

Milestone pada anak merupakan suatu tahapan yang menentukan kepribadian setiap anak memiliki karakteristik yang unik dan berbeda-beda. Lahir dari keunikan pada setiap anak untuk menjalani proses tumbuh dan kembang pada anak, munculah pernyataan “Birama Untaian Liku” sebagai representasi konsep desain. “Birama” diangkat dari setiap tahapan proses bertumbuh dan berkembang yang anak lewati, sedangkan “Untaian Liku” yang tercipta dari simbol kedekatan antara orangtua sebagai pemeran utama dalam mengayomi anak yang memiliki keunikan tersendiri.

Penerapan pendekatan interaktif pada perancangan menggunakan teknologi layar interaktif yang dapat menampilkan beragam jenis permainan secara digital. Melalui teknologi layar interaktif, anak diarahkan untuk dapat bermain permainan untuk anak usia dini dan dapat mendorong anak  dalam proses tumbuh kembangnya.