Mevya Almira

2001598760

Para wanita saat ini sudah mulai menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya secara intensif. Sudah semakin banyak jenis olahraga yang dikhususkan untuk wanita agar wanita dapat menjalani olahraga sesuai kebutuhan fisiknya dengan fasilitas yang sesuai dengan energi yang dibutuhkan wanita. Maka dari itu, pusat kebugaran khusus wanita mulai dibutuhkan sebagai salah satu wadah penunjang olahraga yang dikhususkan untuk para Wanita.

Keberadaan pusat kebugaran khusus wanita dengan kelengkapan fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan – kebutuhan wanita di dalam satu tempat sangat diperlukan. Adanya sebuah pusat kebugaran dengan mengeksplorasi panca indra dapat menciptakan healing environment yang dibutuhkan saat berada di pusat kebugaran. Dengan menggunakan indra penglihatan, perasa, peraba, penciuman dan pendengar pengguna dapat merasakan unsur alam dan suasana yang sehat. Untuk menunjang pusat kebugaran tersebut diperlukan ruang dengan nuansa yang menunjang aspek tersebut dengan pendekatan eksplorasi panca indera.

Konsep yang dihadirkan pada perancangan ini adalah “Dinamika Alunan Lengkung” yang memiliki pengertian yaitu suasana energik dan relax bagi wanita memenuhi kebutuhan fisik maupun psikisnya. Dalam implementasinya, warna – warna yang digunakan yaitu pink dan warna natural alam serta penggunaan material alam seperti kayu, besi, dan batu untuk menstimulus kelima panca indra manusia yang dapat menghasilkan energi positif saat olahraga.