Jaysen

2101627673

Pada proyek tugas akhir kali ini Saya merancang furniture dan aksesoris untuk digunakan di dalam ruang kelas Taman Kanak-Kanak yang disesuaikan dengan pasca COVID-19. Furnitur dan Aksesoris diberi konsep “Lengkung Riang Benderang” dimana perancangan disesuaikan dengan karakteristik anak yang aktif dan energik, bentuk lengkung yang terinspirasi dari mainan anak dengan mengaplikasikan warna cerah namun dengan tone yang diturunkan namun tetap cerah.

Material yang digunakan pada perancangan menggunakan material Kayu Pinus yang tidak terlalu berat dengan bentuk lengkung yang disesuaikan dengan inspirasi bentuk dan lebih aman digunakan oleh anak saat beraktivitas. Menggunakan warna yang cenderung pastel agar aman dan tidak menyilaukan anak, dengan cat dan finishing yang berbasis waterbased sehingga tidak berbau, beracun dan aman digunakan untuk anak.

Perancangan furnitur juga menerapkan teknologi adjustable pada kursi dan meja anak agar dapat menyesuaikan dengan postur anak yang menggunakan. Seperti yang diketahui anak usia dini memiliki perkembangan fisik yang bervariatif, dengan adanya teknologi adjustable diharapkan dapat mengurangi masalah duduk pada anak.

Di masa pasca COVID-19, saya juga merancang partisi akrilik yang dapat dicabut pasang menyesuaikan dengan keadaan di meja anak agar terhindar dari droplet dan juga merancang tempat botol minum atau hand sanitizer yang dapat dipindah penempatannya agar anak memiliki fasilitas masing-masing di masa pandemi.