Nadya Hana Sitompul

2101692962

Proyek Tugas Akhir ini merancang furnitur dan aksesoris interior berjumlah tiga buah furnitur dan dua buah aksesoris interior bagi area bermain anak di hotel resor di Bogor. Khusus untuk anak umur 3-5 tahun, balita. Tiga buah furnitur yang dirancang adalah kursi, meja, dan rak sepatu anak. Sedangkan dua aksesoris lainnya yang dirancang adalah lampu meja resepsionis dan kotak tempat alat bermain anak.

Konsep perancangan yaitu “Gelora Riang”. Inspirasi bentuk mengacu konsep dengan nuansa gelombang penuh lengkungan. Warna pilihan adalah warna lembut untuk balita yang masih dalam proses pengembangan otot motorik. Warna lembut yang dituangkan ke dalam desain dominan oranye pastel, kuning pastel, dan coklat terang.

Material seri balita furnitur dan aksesoris interior berkarakter ringan, tumpul, sederhana dan tidak berbau serta beracun. Material yang dimaksud adalah plywood dan rotan. Kombinasi keduanya merupakan material yang mudah dibentuk, sehingga dapat memenuhi kriteria desain bagi seri balita furnitur dan aksesoris interior. Material haruslah aman untuk anak dan balita, lembut atau empuk. Finishingnya menggunakan biovarnish demi keamanan tersebut, yaitu agar bebas kandungan zat kimia beracun.