Shendy Pratama Rudystan

2101675161

Indonesia merupakan negara yang wilayahnya sebagian besar terdiri dari perairan atau biasa disebut maritim. Karena ini ekosistem laut dapat dikatakan memiliki peran penting untuk kehidupan masyarakat Indonesia. Akan tetapi perairan Indonesia pada era ini dapat dikatakan sudah tercemar, dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan dan jumlah sampah meningkat setiap waktunya dimana hal ini merupakan hal yang ironis mengingat Indonesia sendiri merupakan negara maritim dengan ini maka diperlukanlah pembuatan desain tempat wisata berbasis air laut berupa akuarium yang dapat mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya kebersihan lautan Indonesia dan bagaimana cara ikut serta dalam menjaga kebersihan laut ini.

“Sirat Bias Bahari” atau yang berarti Jaring Elastis di Samudera merupakan konsep yang diterapkan pada perancangan ini, dimana konsep ini menunjukan kehidupan zona laut dangkal yang merupakan zona terpadat akan kehidupan lautnya dengan memberi “storytelling” pada setiap zona akuarium dan galerinya.

Diawali dengan area Akuarium awal yang memperkenalkan pengunjung ke kehidupan laut zona dangkal. Dilanjutkan dengan area galeri atau pengenalan limbah yang akan memperlihatkan ke pengunjung mengenai keadaan lautan indonesia sekarang yang sudah dipenuhi oleh limbah lautan. Di area ini pengunjung juga akan diajarkan cara menerapkan konsep “sustainable design” yang dapat digunakan dalam membuat karya seni dan berdampak pada pengurangan limbah dilautan dan dapat melihat keberhasilan dari “sustainable design” di area berikutnya yang merupakan area laut masa depan. Diakhiri dengan area restoran “Dapur Bahari” dimana restoran ini merupakan nama yang terinspirasi dari kata Dapur yang terletak ditengah lautan yang memiliki jarak pemandangan yang sangat besar dan merupakan area yang terinspirasi dari kapal nelayan yang membawa jaring ikan untuk melakukan penangkapan ikan dilautan. Konsep yang terlihat dari “Dapur Bahari” ini terlihat dari penggunaan jaring pada interiornya dan stilasi bentuk kapal pada plafonnya.

Dengan adanya perancangan ini  diharapkan dapat memberi inspirasi kepada orang yang ingin membuat tempat pariwisata akuarium sehingga dapat membuat tempat pariwisata akuarium yang dapat mendidik pengunjung lebih efektif dari waktu ke waktu.