Syifa Harlina Aisy

2101701853

Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia cukup tinggi. Salah satu penyumbang AKI tertinggi adalah wilayah Kabupaten Serang. Terdapat dua faktor yang menyebabkan AKI masih tetap tinggi. Pertama adalah faktor eksternal berasal dari lingkungan dan sosial dari Ibu hamil, sedangkan faktor internal adalah dari dalam diri ibu hamil itu sendiri. Pada faktor eksternal di Kabupaten Serang masih banyak ditemukan persalinan dengan menggunakan tenaga ahli dukun tradisional. Maka dari itu, kondisi melahirkan yang dibutuhkan untuk ibu hamil di wilayah Kabupaten Serang adalah persalinan secara alamiah dengan tenaga ahli profesional agar keselamatannya tetap terjaga.

Kemudian, untuk kesiapan ibu hamil diperlukan bimbingan agar mereka dapat teredukasi dalam persiapan dan dapat menjaga dirinya secara holistik. Oleh sebab itu, pelayanan persalinan yang dapat membantu adalah dengan metode persalinan hypnobirthing. Metode persalinan hypnobirthing adalah metode persalinan normal alternatif yang ditangani oleh bidan dan dengan bantuan doula. Kemudian dari proses hypnobirthing ini membimbing ibu hamil dengan afirmasi positif sehingga dapat mendukung dari sisi faktor internal ibu hamil.

Tujuan dari perancangan ini adalah dapat memenuhi kebutuhan aktivitas dan fasilitas metode persalinan hypnobirthing. Perancangan interior ini memperhatikan aspek interior yang memetuhi sistematis sirkulasi, ergonomi, tata letak area, pencahayaan, penghawaan, dan keamanan. Kemudian terdapat pendekatan healing environment dalam lingkungan klinik bersalin hypnobirthing untuk mendukung pengguna secara desain lingkungan yang memberikan healing dalam lingkup perancangan interior.