Fendy Lusianton

2101654251

          Rancangan klinik mata khusus anak merupakan sebuah urgensi dimana kecenderungan sifat anak-anak pada umumnya takut pada tempat publik terutama pada fasilitas kesehatan. Anak-anak cenderung tidak ingin berkunjung pada fasilitas kesehatan dikarenakan adanya rasa tidak nyaman pada lingkungan yang terlalu terang-benderang, serius dan kaku, dimana aktifitas yang terjadi pada fasilitas kesehatan didominasi umumnya oleh orang dewasa dan lingkungannya yang kurang mendukung untuk psikologis anak-anak.
        Perancangan klinik mata khusus anak ini terinspirasi oleh salah satu kebutuhan yang mempengaruhi perkembangan anak dalam sehari-hari yaitu dengan bermain. Berdasarkan teori kebutuhan yang dikemukakan oleh Maslow, bermain merupakan salah satu bagian dari Physiological need atau kebutuhan fisiologis manusia. Dengan bermain, anak dapat terpenuhi kebutuhan akan rasa cinta yang akan meningkat pada kebutuhan esteematau harga diri. Penghargaan ini akan mengoptimalkan kebutuhan akan kognitif anak untuk memperoleh pengetahuan yang diperoleh melalui bermain.
         Konsep child friendly mengenai kesehatan dimana penerapan interior dengan menggunakan material dan bahan yang tidak membahayakan kesehatan. Salah satu jenis material yang tidak berbahaya ialah berupa material green dan sustainable dan tidak bersifat toxic. Beberapa material green yang digunakan bersifat biodegradable yang dapat diurai di alam secara alami dan dapat digunakan daur ulang yang kemudian dapat digunakan kembali. Salah satu cara untuk mengidentifikasikan material green adalah dengan memperhatikan bahan material yang tertera pada produk dan dapat dilihat dari sertifikasi sustainable dari organisasi tertentu.