VITRAZI GRISELDA LAZUARDI

2101681372

Perancangan interior panti asuhan yang terletak di Jakarta Timur. Panti asuhan Islami ini mayoritas memeluk agama Islam. Panti asuhan ini memelihara dan merawat anak putra dan putri yang berusia 6-15 tahun atau setara dengan anak SD hingga SMP. Konsepnya diambil dari karakteristik anak, panti asuhan dan sisi Islam. Karakteristik dari anak adalah energik. Lalu, karakteristik dari panti asuhan salah satunya adalah perlindungan. Pada sisi Islaminya diambil dari 5 Rukun Islam – Sholat. Sholat merupakan ibadah yang memiliki ketentuan waktu dan gerakan yang teratur. Salah satu karakteristik dari sholat adalah keteraturan. Sehingga kata energik, perlindungan, dan waktu dapat dijabarkan dengan mengambil sinonim dari setiap kata tersebut. Lantas dengan sinonim yang sudah diasah memberikan design statement berjudul “Gelora Lindung Kala”.

Perancangan dibuat sedemikian rupa agar tidak mengganggu sirkulasi pengguna. Pada area public dan semi public terletak pada lantai 1 sehingga tidak mengganggu area semi-private dan private yang terletak pada lantai 2 (putra) dan 3 (putri). Namun, untuk kantor pengelola yang merupakan area semi private, terletak pada lantai 1.

Untuk studi bentuk, Bintang Delapan merupakan simbol universal umat muslim yang sudah tidak asing lagi untuk diterapkan pada arsitektur dan interior pada tempat-tempat mulai dari masjid hingga rumah pribadi. Pada pola warna, diambil dari warna langit pada waktu ibadah Subuh hingga ibadah Asr.