Nicholas Raditheo

2101651400

          Panti jompo di DKI Jakarta yang memiliki fasilitas khusus bagi orang dengan demensia dapat dikatakan masih sedikit dan kurangnya perhatian terhadap penyakit demensia. Minimnya program ruang yang mendukung demensia pada mayoritas panti jompo saat ini menyebabkan kesulitan dalam perawatan dan pengobatan bagi orang dengan demensia. Perancangan interior pada mayoritas panti jompo belum mendukung orang dengan demensia terutama pada penerapan warna dan bentuk dalam interiornya. Mayoritas panti jompo saat ini masih minim akan perhatian pada penggunaan material yang mendukung orang dengan demensia, yang mayoritas merupakan lanjut usia. Perancangan panti jompo ini memberikan perhatian khusus bagi orang dengan demensia.
         Perancangan program ruang pada panti jompo ini dirancang sesuai dengan kondisi demensia untuk mendukung kebutuhan mereka, seperti adanya berbagai fasilitas terapiyang secara penelitian dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan psikis orang dengan demensia. Penerapan warna dan bentuk pada panti jompo ini menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan orang demensia, sehingga adanya penggunaan warna biru dan hijau yang secara penelitian dapat membuat orang dengan demensia lebih tenang. Penggunaan nuansa hangat seperti warna merah, oranye, dan kuning juga perlu digunakan untuk menstimulasi orang dengan demensia dalam aktivitas yang memerlukan keaktifan.
         Secara psikologis, bentuk lengkung dan melingkar dapat membuat manusia merasa lebih tenang dan rileks dibandingkan dengan bentuk-bentuk linear yang membawa suasana menjadi serius dan kaku, sehingga adanya penggunaan bentuk lengkung dan melingkar pada panti jompo ini. Lanjut usia akan lebih rentan terhadap lingkungan terutama dalam hal keamanan dan keselamatan. Penggunaan material pada panti jompo ini diperhatikan sehingga menyesuaikan dengan kondisi lanjut usia terutama yang memiliki demensia.
        Penerapan material yang aman, higienis, dan sesuai dengan kondisi lanjut usia sangat diutamakan dalam perancangan ini, seperti penggunaan lantai SPC Vinyl yang tidak licin, tidak berjamur, dan anti bakteri. penggunaan Engineered stone memiliki kelebihan seperti mudah dibersihkan, tidak ada sambungan sehingga tidak ada noda atau kotoran pada rongga, menjadi material pilihan untuk perancangan ini. Lanjut usia mengalami penurunan dalam daya penglihatan sehingga penggunaan kaca pada panti jompo perlu menerapkan sandblast untuk keamanan dan keselamatan lanjut usia terutama orang dengan demensia dalam beraktivitas.