Ema Karina

2101644686

Kalimantan Selatan memiliki keanekaragaman yang sangat berlimpah, mulai dari suku, ras, adat istiadat, agama, hingga bahasa yang membentuk identitas dari kehidupan masyarakatnya. Namun, meningkatnya jumlah penduduk dan perkembangan era globalisasi yang semakin pesat membuat kepedulian masyarakat Kalimantan Selatan terhadap kebudayaan sendiri menjadi minim. Sehingga, sangat diperlukan wadah untuk mempertahankan dan mengembangkan kebudayaan Kalimantan Selatan agar tetap terjaga.

Perancangan interior Pusat Kebudayaan Kalimantan Selatan di Banjarmasin diharapkan dapat membantu mempertahankan dan mengembangkan budaya Kalimantan Selatan dengan memberikan fasilitas-fasilitas sebagai sarana informasi, edukasi, dan rekreasi. Masyarakat Kalimantan Selatan maupun wisatawan dapat memperoleh informasi mengenai Kalimantan Selatan melalui fasilitas ruang pamer Interaktif.

Konsep yang diterapkan pada perancangan interior pusat kebudayaan Kalimantan Selatan di Banjarmasin menggunakan konsep “Membubung Seluk laras” yang terinspirasi dari muatan lokal suku Banjar sebagai suku utama di Kalimantan Selatan. Suku Banjar memiliki ciri khas kebudayaan yang sangat menonjol, yaitu rumah adat Bubungan Tinggi. Rumah adat BubunganTinggi menjadi ikon dari Kalimantan Selatan. Penerapan filosofi yang terdapat pada rumah adat Bubungan Tinggi dapat mengangkat muatan lokal dari Kebudayaan Kalimantan Selatan karena posisi suku Banjar sebagai suku utama yang apabila dilihat dari sejarah pembentukkannya, suku Banjar terbentuk dari penggabungan suku-suku yang ada di Kalimantan Selatan dan diikat oleh Kesultanan Banjar. Rumah adat Bubungan Tinggi menjadi bentuk kebudayaan yang sangat terlihat daei suku Banjar.

Studi bentuk yang diperoleh didapat dari penggabungan filosofi rumah adat Bubungan Tinggi dunia atas dan dunia bawah serta karakteristik dari ornamennya yang bersulur-sulur. Warna yang digunakan terinspirasi dari warna alam karena rumah adat ini sangat berhubungan erat dengan alam sekitar Kalimantan Selatan. Sehingga, citra ruang serta furnitur yang akan ditampilkan dinamis, bersulur-sulur, dan menggunakan warna alam.