Edita Komalasari Putri Sugianto

2101662972

Kuliner khas merupakan suatu gambaran karakter lokal suatu daerah yang perlu dilestarikan. Sebagai tempat untuk menikmati makanan khas Manado, perancangan ini membawa ruang yang memberikan suasana tenang, nyaman dan hangat melalui konsep ”Jejak Rasa Nyiur Melambai”. Terinspirasi dari Kota Manado yang merupakan kota kelapa yang memiliki beragam kuliner khasnya. Dari pernyataan desain “Jejak Rasa Nyiur Melambai”, dimana kata “Jejak Rasa” mewakili masakan atau kuliner khas Manado. Kata “Nyiur Melambai” mewakili kelapa.

Kelapa dan kuliner Manado menjadi inspirasi desain pada perancangan pusat kuliner ini. Makanan khas Manado terkenal akan rasa pedas dan segar di lidah. Makanan Manado memiliki tone warna yang warm dan alami. Bentuk dari kelapa sangat beragam, salah satunya adalah bulat dan setengah lingkaran. Bentuk-bentuk tersebut berkaitan dengan garis lengkungan. Oleh karena itu, perancangan ini akan memakai banyak garis lengkungan, yang melambangkan bentuk-bentuk dari kelapa.

Selain kuliner, di Manado terkenal akan keindahan alam berupa laut. Sunset pada sore hari di Manado sangat memukau. Perancangan ini menampilkan pemilihan warna dan material yang terkesan alami untuk menggambarkan Kota Manado sebagai Kota Kelapa dengan menggunakan warna earth tone dengan turunan warna yang warm tone. Pengaplikasian konsep ”Jejak Rasa Nyiur Melambai” ke dalam perancangan pusat kuliner ini dapat membawa pengunjung untuk menikmati masakan Manado dengan nyaman dan nikmat.