Ii Ismatillah

2101658211

Pusat rehabilitasi untuk anak-anak korban kekerasan merupakan sarana dan fasilitas yang dibuat sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat mengenai permasalahan masyarakat mengenai kasus kekerasan kepada anak yang tidak kunjung menurun jumlah kasusnya. Pusat rehabilitasi untukanak-anak korban kekerasan merupakan tempat yang nyaman, aman, dan membantu para korban untuk mengatasi traumanya. Pusat rehabilitasi untuk anak korban kekerasan akan memberikan pelayanan psikologis, terapi untuk mengubah pemikiran negatif menjadi pemikiran positif, serta sarana bermaindan belajar sambil menjalani terapi psikologis anak-anak korban kekerasan. Dengan mengangkat konsep dari “Pulih Bersama Bumi” yang di dalamnya memiliki makna sebagai alam yang organic namun tetap sederhana.

Setelah melakukan proses desain dari mulai survey mengenai pihak terkait kemudian melakukan analisa dari kebutuhan dan fasilitas yang dibutuhkan dari pengguna ataupun staff maka dihasilkan perancangan interior pusat rehabilitasi untuk anak-anak korban kekerasan yang fasilitas yang sesuai dengan kebuthuhan.

Pada pengelolaan lantai 1 difokuskan sebagai area penunjang dari proses pemulihan bagi anak-anak korban kekerasan seperti ruang asesmen, ruang konseling, area bermain, klinik kesehatan, ruangh pengaduan dan lainnya yang hasil dari layoutnya lebih semi open spacedimana anak-anak akan mudah melakukan eksplorasi. Sementara pengelolaan lantai 2 difokuskan untuk tempat hunian sementara dan kelas alternatif.

Pada akhirnya perancangan interior pusat rehabilitasi untuk anak-anak korban kekerasan diciptakan dengan kesan nyaman, hangat dan kekeluargaan yang akan menampilkan dari kesederhanaan bentuk yang terinspirasi dari bentuk dan warna dari makna alam itu sendiri.