Fitrah Nugroho

2101629810

Perancangan Interior Pusat Retail Furnitur di Jakarta merupakan reaksi dari perubahan perilaku pembeli furnitur menuju pembelian secara online  pada pandemi Covid-19. Penjualan online masih termasuk kecil, hanya 17.52 persen dari total penjualan furnitur. UMKM sulit beradaptasi akan penjualan secara online. Melihat perilaku konsumen juga masih membutuhkan gerai offline ini menjadi kesempatan untuk menambah pengalaman konsumen dalam berbelanja bagi perlaku ritel.

Perancangan ini menggabungkan karakter pengrajin dan Industri 4.0 dengan konsep, “Selaras Jalinan Rupa”. Selaras Jalinan Rupa merupakan konsep desain yang menyatukan karakter atau rupa yang berbeda menjadi jalinan yang satu. Garis yang menyilang satu sama lain menjadi satu kesatuan terinspirasi dari teknik menganyam, salah satu kerajinan khas Indonesia. Interior ruangan juga memperlihatkan kontras antara karakter tradisional pengrajin Indonesia dengan karakter material yang utuh menggunakan material ekspos. Industri 4.0 yang memiliki karakter modern dan canggih diungkapkan dengan menggunakan teknologi extended reality dan penggunaan indirect light.

Selain konsep tersebut, pada perancangan ini juga diterapkan konsep pemasaran untuk retail itu sendiri, konsep yang diterapkan adalah konsep customer experience yang meliputi sales funnel,  impulse buying, dan experiental marketing yang dapat menunjang penjualan pusat retail. Penerapan konsep tersebut dapat dilihat pada layout, penggunaan display secara tematik, window display environmental, teknologi interaktif, dan penerapan sales funnel pada sirkulasi layout menambah pengalaman berbelanja konsumen secara emosional dan interaktif.