Luh Gde Ayu Vienna Kumara Dewi

2101647302

Perancangan Interior Sekolah Musik Anak dengan Pendekatan Permainan Interaktif ini dirancang sebagai suatu fasilitas pendukung upaya meningkatkan minat bermusik pada anak sejak dini. Sekolah musik anak ditujukan untuk anak berusia 1-12 tahun belajar bermain musik dengan bantuan teknologi permainan interaktif.

Karakter anak, musik, dan permainan interaktif sebagai unsur utama dalam perancangan ini menghasilkan sebuah pernyataan desain “Vibrasi Ekspresi”. Konsep “Vibrasi Ekspresi” dalam perancangan divisualisasikan dalam bentuk gelombang overlapping dan skema warna triadik yang bebas serta berani. Bentuk gelombang overlapping diambil dari karakter “Vibrasi” yang memiliki bentuk dasar gelombang. Sementara warna triadik merupakan representasi karakter “Ekspresi” yang bersifat bebas dan berani. Skema warna triadik yang kontras dengan warna tersier juga dipilih untuk mendukung stimulasi anak dalam belajar sambil bermain.

Pendekatan permainan interaktif dalam perancangan diterapkan dengan penggunaan teknologi projection mapping. Teknologi projection mapping yang diterapkan dalam perancangan berupa interactive sound mural dan interactive surface. Teknologi interactive sound mural merupakan dinding mural yang akan menampilkan proyeksi animasi serta suara terkait apabila sensor disentuh. Kemudian teknologi interactive surface diterapkan pada kelas balita, berupa proyeksi interaktif untuk memfasilitasi pembelajaran musik anak melalui irama. Permainan interaktif dengan teknologi projection mapping digunakan sebagai suatu pendekatan yang menarik sehingga dapat meningkatkan minat anak dalam belajar musik sejak dini.