Maris Puspa Negara

2101672342

Perancangan Interior Women’s Health Center di Jakarta ini dirancang sebagai suatu fasilitas pendukung pelayanan kesehatan khusus. Women’s Health Center ditujukan untuk wanita dari usia remaja hingga lansia untuk menerima pelayanan kesehatan baik raga maupun jiwa. Women’s Health Center mendukung kebutuhan akan kesehatan wanita seperti menyediakan spesialis reproduksi, spesialis gizi, spesialis kulit, hingga psikolog. Selain itu fasilitas terapi pijat dan bio healing therapy juga dapat mendukung pelayanan kesehatan.

Karakter kesehatan, pusat kesehatan, wanita yang feminin merupakan unsur utama yang digunakan dalam perancangan ini sehingga menghasilkan sebuah pernyataan desain “Damai Jelita Alam”. Pendekatan karakter feminin dalam perancangan diterapkan dari unsur-unsur yang diterapkan pada elemen interiornya. Elemen yang digunakan untuk menyampaikan pendekatan tersebut adalah unsur warna dan bentuk. Sehingga konsep “Damai Jelita Alam” divisualisasikan dalam bentuk-bentuk lengkung hasil dari stilasi bentuk tiara yang hanya digunakan oleh wanita. Selain itu skema warna yang digunakan memberikan citra ruang yang nyaman juga tenang dari warna-warna earth tone dan biru yang digunakan, aksen warna-warna alam seperti hijau dan kuning juga turut membangun citra ruang.

Penerapan unsur warna dilakukan pada furniture, floor, wall, dan ceiling. Sedangkan unsur bentuk yang feminin diterapkan pada treatment dinding berdasarkan hasil stilasi pada studi bentuk dan juga bentuk lengkung pada furnitur yang digunakan.