PERANCANGAN INTERIOR PUSAT PROMOSI DAN PEMASARAN PRODUK UNGGULAN KREATIF LOKAL DI DKI JAKARTA
Jennie Wirawan
2101660916
Terinspirasi dari perubahan tren gaya hidup masyarakat yang saat ini lebih modern dari segi berbelanja kebutuhan hidup maupun kesenangan pribadi. Melihat banyaknya UMKM lokal di Indonesia yang juga semakin berkembang sehingga membuat kecintaan masyarakat berbelanja produk lokal semakin meningkat. Maka itu dalam tugas akhir ini, penulis merancang Interior Pusat Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Kreatif Lokal di DKI Jakarta yang sesuai dengan tren masyarakat saat ini.
Melihat keberagaman Indonesia yang merupakan negara kepulauan, maka penulis mengangkat samudera dan pulau menjadi tema perancangan ini. Ritel/toko merupakan tempat terjadinya transaksi jual beli, dilambangkan sebagai Lawana/ samudera yang di dalamnya terbagi menjadi beberapa pulau-pulau yang dianalogikan sebagai area-area display dan area beraktivitas. “Rumah” sebagai wadah tempat UMKM berkumpul, “Karya” melambangkan hasil dari suatu kerajinan/pekerjaan, sedangkan “Lawana” melambangkan luasnya samudera serta keberagaman isinya. Sehingga Rumah Karya Lawana menjadi ritel/toko tempat UMKM memamerkan karya mereka dan menjadi tempat jual beli secara langsung dengan konsumen yang memiliki interior suasana seperti samudera, yang artinya luas, arah gerak yang tidak kaku, dan suasana hangat seperti dalam rumah. Hal ini dapat dilihat dari penataan layout ruang, penggunaan material pada dinding, lantai, dan ceiling. Sehingga tempat promosi dan pemasaran produk lokal ini dapat menjadi tempat dimana masyarakat dapat berbelanja kebutuhan hidupnya dari brand lokal serta juga menjadi tempat hiburan untuk masyarakat.
Comments :