How to Attract Customer in Retail Space

HIMDI in collaboration with Edita Sugianto & Adhisatria

Acara dibuka dengan berbagai sambutan dari Ketua Panitia acara serta Ketua Jurusan Desain Interior yaitu Ibu Titi Indahyani. Rangkaian acara ini agak berbeda dari webinar-webinar sebelumnya karena pada kesempatan ini Ibu Titi Indahyani juga sekaligus meresmikan microsite pameran virtual Tugas Akhir 2021 dengan tema Playin’ Ideas. Pameran virtual ini menampilkan 26 karya TA terbaik mahasiswa Desain Interior 2021.

Dalam sharing session kali ini binusian berkesempatan mendapatkan ilmu dari Edita Sugianto, salah satu mahasiswa TA Desain Interior yang karyanya ikut dipamerkan serta Bapak Adhisatria, GM Store Design & Construction. Di pertemuan ini, topik yang dibahas oleh Edita adalah karya Tugas Akhirnya yang juga mengambil tema ritel, diikuti oleh penjelasan lebih lengkap dan detail mengenai ritel oleh Bapak Adhisatria seperti definisi, fungsional, jenis dan bagaimana mendesain sebuah retail space yang menarik customer dan mampu menyesuakian kebutuhan pengguna.

Pembahasan pertama yang dijelaskan oleh pembicara mahasiswa terbaik yaitu Edita Komalasari Putri Sugianti dengan Nim 2201662972, dan judul Perancangan Interior Pusat Kuliner Khas Manado di Manado. Mengangkat nama kota yang dikenal sebagai tempat parawisata Manado dengan melestarikan ciri khas makanan Manado. Melalui perancangan interior yang lebih berkembang dan dapat memenuhi kebutuhan aktivitas dan fasilitas pengguna pada pusat kuliner.

Pembahasan kedua yang di jelaskan oleh pembicara Bapak Adhisatria mengenai How To Attract Customers Attention In Retail Space. Beliau berkata hal utama yang harus di lakukan adalah tujuan apa yang akan di buat, dan arti dari produk yang akan di jual, lalu selanjutnya adalah target marketing dan terkahir adalah riset atau kenali wilayah yang akan di bangun.

Sebelumnya apa itu retail? Retail didefinisikan sebagai aktivitas perniagaan yang melibatkan penjualan barang atau penawaran jasa secara langsung kepada konsumen akhir. Barang yang dibeli dari bisnis ritel akan digunakan konsumen sebagai konsumsi pribadi atau keperluan keluarga dan rumah tangga, bukan untuk dijual kembali.

Berbagai tujual ritel antara lain:

  • Memudahkan konsumen untuk mendapatkan barang dan jasa yang dibutuhkan. Kehadiran ritel akan membuat konsumen lebih mudah untuk mendapatkan barang dan jasa yang diinginkan. Tanpa adanya ritel, konsumen akan kesulitan memenuhi kebutuhan mereka karena harus membelinya secara langsung pada produsen utama.
  • Memberikan keuntungan bagi produsen dan grosir. Bisnis ritel tidak hanya menguntungkan konsumen dalam hal kemudahan berbelanja, tetapi juga bisa memberikan keuntungan finansial bagi produsen dan grosir. Pengecer biasanya membeli stok barang dengan jumlah yang cukup banyak dari produsen. Dana yang diterima dari pengecer selanjutnya  dapat   dijadikan   modal   bagi   produsen   dan   diputarkan   kembali   dalam proses produksi barang.
  • Berperan secara langsung dalam mempromosikan produk. Retailer yang telah membeli sejumlah produk dari produsen akan mempromosikan produk tersebut kepada konsumen melalui beragam cara promosi dan strategi iklan. Aktivitas ini tentu bisa membantu meningkatkan popularitas produk yang dikeluarkan oleh produsen.
  • Menawarkan aneka jenis barang dengan harga yang beragam. Umumnya, retailer akan membeli stok bermacam-macam barang dari sejumlah produsen yang berbeda. Harga yang ditawarkan pun sangat beragam. Hal ini menciptakan variasi pasar yang akan berbanding lurus dengan peningkatan kepuasan konsumen.

Pada kesempatan ini Bapak Adhisatria menjelaskan juga cara menarik pelanggan ke dalam retail space melalui desain? Berikut adalah beberapa tips yang diberikan:

  1. Kenali merk nya. Yang akan memudahkan menentukan arah design dan improvemnet nya, adalah kenali merk nya, warna apa yang akan di gunakan, lalu tema apa yang akan di ambil. Selain itu temukan juga perbedaannya yaitu, logo yang akan di gunakan sudah sesuai dengan product, dan warna, setelah itu penempatan logo juga sangat berpengaruh, lalu penempatan standee fixture di depan toko atau window display yang akan menarik perhatian para customer. Dan terakhir yaitu pengaturan penempatan lighting.
  1. Warna – warna yang dapat mengubah ruangan kecil menjadi luas, yaitu dengan memanipulasi finishing warna dengan penggunaan warna yang terang, dan natural seperti putih, krem, biru muda. Warna terang sangat mempengaruhi besar terhadap ruangan, selain memberikan kesan luas, warna juga memberikan kesan bentuk plafon yang tinggin dan bentuk kemewahan yang di sesuaikan dengan brand produk itu tersediri.
  1. Bentuk dari design sebuah display. Display adalah sebuah komunikasi yang sangat berpengaruh dalam sebuah ritel, karena memberikan pusat perhatian yang lebih menarik. Dan bisa di sesaukan dengan product yang sejenis. Lalu ada juga tipe display yang bisa di gunakan seperti, bentuk meja display ambalan, meja susun, dan long prong.
  1. Coordinate ceiling Display. Bentuk dari display yang di sesuaikan dengan bentuk ceiling juga sangat berpengaruh dalam sebuah ritel yang memberikan pusat perhatian yang lebih menarik dan lebih mewah. Tipe media display untuk kategori ini yaitu, T bar, multi elevated raiser atau platfrom dan yang terakhir, yaitu posisi Manekin, raiser, higt stands.
  1. Strategi display ergononomi. Dalam membuat display yang menarik, ritel juga memerlukan strategi serta memperhatikan ergonomi display karena secara tidak sadar hal ini akan mempengaruhi konsumen saat berbelanja dan sebera banyak produk itu terjual.. Tingkat rak produk sama pentingnya dengan segala bentuk tampolan produk, produk yang di tempatkan di sekitar mata konsumen ungkin untuk objek dengan setinggi dan sejajar dengan pandangan penglihatan.
  1. Denah lantai geometris. Membantu memberikan kesan desain toko dan layout menjasi terasa dinamis dan flexible.
  1. Kenali lokasi yang akan di bangun. Yaitu dimana letak lokasi tokonya agar memudahkan strategi pemasaran. Selain itu sirkulasi bangungan yang mendukung, sirkulasi secara khusus seperti ramai atau tidaknya pengunujung melewati retail yang akan di bangun, dan yang terakhir kenali juga siapa tetangga dalam bangunan retail tersebut karena menentukan design yang akan di gunakan.
  1. Macam – macam bentuk lighting window display

Kegiatan yang diikuti oleh binusian dari berbagai angkatan mulai dari Binusian 21 sampai dengan Binusian 25 diakhiri dengan sesi tanya jawab yang sangat interaktif dari para peserta dan foto bersama.

Viska Hardiati dan Firlanda Jihan