Pada tanggal 17 November 2021 yang lalu jurusan Desain Interior Binus bekerja sama dengan Santy Saptari Art Consulting (SSAC) mengadakan Virtual Tour ke Singapore National Gallery. Sebanyak 100 mahasiswa dari kelas Interior Design and Culture dan tim dosen ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini secara daring melalui aplikasi zoom dari rumah masing-masing. Dalam Virtual Tour kali ini, mahasiswa diajak berkeliling mengunjungi salah satu pameran yang sedang berlangsung di Singapore National Gallery yaitu ‘Listening to Architecture: The Gallery’s Histories and Transformations dipandu langsung oleh kurator dari pameran tersebut yaitu Ms. Shu dan Joleen Loh didampingi oleh Ibu Santy Saptari, Principal Consulting dari SSAC. Pameran ini dipilih sesuai dengan salah satu topik perkuliahan dalam kelas Interior Design and Culture yang membahas mengenai estetika dalam desain.

Pameran ini menjelaskan mengenai perubahan dan transformasi bangunan yang saat ini berfungsi sebagai Galeri Nasional Singapore. Sebelumnya bangunan tersebut merupakan bangunan City Hall dan Supreme Court yang kemudian direnovasi dan dialihfungsikan menjadi Galeri Nasional Singapore. Ms. Joleen bagian-bagian pameran secara singkat, serta artefak-artefak yang dipamerkan terkait transformasi bangunan tersebut, seperti gambar cetak biru bangunan, dan lain sebagainya. Mr. Joleen juga menjelaskan berbagai fitur interaktfi yang tersedia pada pameran ini, dimana melalui fitur interaktif ini, pengunjung dpt melihat suasana penjara yang terdapat di bagian bawah gedung.

Penjelasan Ms. Joleen yang cukup singkat namun padat disambut dengan berbagai pertanyaan dari peserta baik secara langsung maupun melalui kolom chat pada aplikasi zoom yang menunjukan antusiasme peserta dalam kegiatan Virtual Tour ini