Karya: Darwis Jayadi/2440020285

Make Over merupakan salah satu brand kosmetik lokal Indonesia dengan tampilan produk yang membawa kesan strong, bold, dan elegant. Make Over menargetkan pasar professional melalui produk kosmetiknya yang lengkap dengan berbagai rentang warna, tekstur, dan fungsi dari masing-masing kategori produknya.Pada perancangan retail ini, lokasi memiliki luas sebesar 200m2 yang dibagi menjadi beberapa area dengan area utama yaitu ‘area display’ sebagai tempat untuk menampilkan produk serta ‘area try & makeup’ sebagai tempat untuk melakukan makeup onsite dan juga area untuk mencoba produk dengan memanfaatkan fitur Virtual Try On yang dimiliki Make Over. Berkaitan dengan hal tersebut perancangan retail untuk brand Make Over ini juga mempertimbangkan beberapa hal yaitu selain untuk menciptakan interior yang unik juga untuk membuat produk terlihat lebih menonjol baik melalui pemilihan bentuk, warna, ornamentasi, serta lighting pada interior.


Elegan dan futuristik menjadi konsep yang terpilih karena selaras dengan kesan dan karakteristik yang dimiliki oleh produk Make Over. Konsep ‘Elegan dan Futuristik’ ini dibawa melalui penggunaan warna dominan black onyx dengan perpaduan warna dark grey, light grey, putih, dan magenta sebagai warna aksen yang merepresentasikan ciri khas dari Make Over. Dari segi penggunaan bentuk, sebagian besar menggunakan bentuk melengkung yang tegas dan dominan lingkaran baik pada bentuk furnitur, dinding, sambungan antara dinding dengan ceiling, dan sebagainya untuk memberikan kesan dinamis yang elegan.

Finishing dipilih dengan perhatian khusus untuk dapat menciptakan kombinasi yang baik agar tidak mengganggu fokus pelanggan dari produk melalui pemilihan finishing lantai yang dibuat seamless pada hampir seluruh area untuk memberikan keseimbangan dengan ceiling yang cukup banyak ornamentasi. Finishing dinding juga dibuat polos agar tidak mendistraksi pelanggan untuk melihat produk. Disamping itu, penyusunan lighting juga dibuat untuk membantu mensegmentasi dan memberikan spotlight pada produk.