Karya: Devany Liora Djunaedi/2440058920

Erasound merupakan sebuah brand lokal yang menjual berbagai macam keperluan musik dari piringan hitam sampai pemutar musik. Toko ini berdiri pada bulan Mei 2021 dan dirintis oleh seorang wanita muda bernama Stephanie Eratus. Konsep desain yang saya ambil bertema Exotic Oldschool yang menggabungkan tema interior Retro Colorful dan Pop Art yang diserap dari local content burung Knobbed Hornbill asal Minahasa, Sulawesi. Burung ini menginspirasi saya dalam penggabungan warna oranye, merah muda, dan biru yang akhirnya saya aplikasikan ke dalam konsep toko. Paruh burung yang melengkung juga merupakan ciri khas yang tidak bisa dilewatkan sehingga banyak sekali oranmen toko yang berbentuk lengkung termasuk dinding dan display.


Toko ini terdiri dari tujuh area, yang pertama adalah window display yang didalamnya terdapat display piringan hitam besar dan gantungan cover vinyl untuk merepresentasikan produk yang dijual, lalu terdapat juga papan catur memanjang untuk merepresentasikan tema toko. Area yang kedua adalah vinyl display yang di dalamnya terdapat tiga jenis display yaitu rak lantai, shelf dinding, dan display besar yang ditaruh di tengah ruangan. Area yang ketiga adalah turntable display yaitu display yang dikhususkan untuk pemutar piringan hitam. Display yang saya pakai untuk turntable ini adalah half-circle display yang menempel di dinding. Area yang keempat adalah waiting area dimana pengunjung dapat menunggu sembari bersantai mendengarkan musik yang diputar. Area yang kelima adalah cashier area dimana kasir ini juga salah satu ornamen penting dalam ruangan karena memiliki warna yang cukup mencolok dan sangat merepresentasikan tema yang diusung. Area keenam dan ketujuh adalah storage dan staff room.

Desain yang bertema Retro ini dibuat bertujuan untuk membawa kembali memori orang-orang mengenai pemutar musik zaman dahulu sehingga pengunjung dapat bernostalgia. Namun konsep yang saya terapkan juga mengusung vibes yang lebih modern untuk mengikuti era sekarang agar anak muda juga dapat menikmati ruangan toko.