FD 2 Cashier Design: Refined Simplicity
Karya: Fionna Isadora Gunawan/2440015915
Gramedia telah berdiri sejak tahun 1970 dan pada tahun 2016, Gramedia melakukan rebranding untuk mengikuti perkembangan zaman. Salah satu produk dari rebranding tersebut tidak lain adalah logo baru untuk Gramedia. Logo baru ini mengambil bentuk logotype “G” yang melambangkan kreativitas, fleksibilitas, kemajuan, perubahan, dan kekuatan untuk memberikan ide dan inspirasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia, sejalan dengan tujuan Gramedia. Font “gotham” yang bundar tanpa kaki-kaki memberi kesan modern, elegan, efisien, tetapi juga ramah dan fleksibel. Konsep logo Gramedia adalah konsep baru di mana logo mempertahankan bentuk “G” dengan variasi isi logo, melambangkan harapan agar Gramedia keluar dari stereotip yang kaku dan membosankan. Warna biru melambangkan kepercayaan, inspirasi, dan ide.
Warna jingga melambangkan energi, keseimbangan, kehangatan, keakraban, dan persahabatan. Terakhir, warna merah muda melambangkan keceriaan, kelembutan, kebebasan, dan jiwa muda. Logo baru inilah yang dengan erat menginspirasi desain meja kasir toko. Bentuk meja kasir mengambil bentuk melengkung tetapi tetap sederhana layaknya font “gotham”, yang akhirnya mendasari konsep “refined simplicity”. Tekstur kayu diterapkan untuk memberikan kesan netral, hangat, dan mengundang. Strip-strip kayu yang disusun bak barisan buku mengalir di sekujur meja kasir sebagai elemen dekoratif yang akan memberikan kesan dinamis dan menceriakan area kasir. Warna-warna cerah pun digunakan untuk mewakilkan kata “bright” dari bahasa Inggris yang dapat berarti terang, riang, dan juga cerdas, menunjukkan keinginan brand untuk mencerdaskan bangsa.