Karya: Muhammad Ramadhansyah Surya Lesmana/2301956241

Rangku Alu Telatah Kebahagiaan dar Tenggara memiliki arti bahwa tarian Rangku Alu sebagai tanda kebahagiaan dari tenggara (Nusa Tenggara Timur). Pemilihan design statement tersebut terinspirasi dari Rangku Alu yang merupakan salah satu kebudayaan tari dari daerah Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Rangku Alu adalah sebuah tarian yang diadaptasi dari permainan. Tarian ini dilakukan dengan cara melompati batang bambu yang dihentakkan. Tarian tersebut dilakukan sebagai selebrasi untuk merayakan musim panen dan bentuk rasa syukur atas hasil panen yang didapatkan oleh masyarakat. Karena rata-rata masyarakat NTT sendiri bekerja sebagai petani yang juga memiliki sifat ramah dan gotong royong satu sama lain. Sehingga dari konsep tersebut dapat memberikan kesan bahwa Rangku Alu dapat memberikan suasana ruangan menjadi hangat, bahagia dan menyenangkan bagi para pengguna yang berada di dalamnya.

 

Untuk warna yang digunakan terinspirasi dari pemandangan Pantai Mbawana dan warna dari ragam kain tenun NTT. Warna yang terdapat pada pemandangan dan kain tersebut memiliki color scheme dengan warna-warna alami yang dipadu padankan dengan warna gelap serta warna putih sebagai warna penyeimbang agar dapat menghasilkan ambience ruangan yang hangat dan stylish. Bentuk yang digunakan diambil dari pattern yang dihasilkan dari batang bambu yang saling bertemu dan membentuk sebuah pattern silang atau tumpang tindih seperti tagar atau hashtag dalam tarian Rangku Alu. Selain itu terdapat pula bentuk organik yang diadaptasi dari deburan ombak pantai NTT. Bentuk tersebut dipakai agar dapat memberikan kesan unik dan natural bagi para tamu. Bentuk ini diaplikasikan pada seluruh elemen interior, furniture, dan accesories.

Material yang dipilih ialah menggunakan material yang dapat menyerupai atau memberikan visual dari material natural seperti bambu, kayu dan anyaman. Karena bertujuan agar dapat memberikan kesan natural dan hangat pada ruangan. Material tersebut dipilih yang memiliki texture sedikit kasar, agar dapat memberikan efek shadow dariĀ  permukaannya tersebut.