Karya: Aurelia Uisteanta Charlaxenia/2301853911

Perancangan hotel Atria kali ini dibalut dengan konsep konten lokal yang berasal dari suku Papua. Berdasarkan analisa dan proses desain yang diambil dari Rumah Kariwari, maka terbentuklah sebuah design statement “Kemegahan Pondok si Tangguh”. Filosofi rumah Kariwari itu sendiri merupakan rumah yang diperuntukkan bagi remaja laki-laki sebagai tempat untuk pembetukkan mental di mana kegiatannya meliputi latihan bercocok tanam, belajar berperang, dan belajar memahat. Maka dari itu, konsep maskulin dirasa tepat untuk merepresentasikan rumah Kariwari yang dibawa dalam konsep perancangan hotel. Bentuk dari rumah adat Kariwari juga cukup unik, yaitu memiliki bentuk limas segidelapan. Hasil dari analisa bentuk yang diadaptasi, cenderung berbentuk segitiga dan memiliki bentuk geometris yang kuat. Penerapan bentuk geometris dilandasi dengan adanya sifat tegas di dalamnya. Untuk pengaplikasian warna di dalam hotel warna yang lebih gelap, dan kuat. Warna-warna tersebut adalah perpaduan warna cokelat, dan hitam.

Penerapan bentuk dan warna konsisten digunakan dalam setiap ruangan. Pada awal memasuki hotel, kita akan bertemu dengan berbagai bentuk segitiga yang mendominasi dari finishing dinding dan ceiling. Ciri khas dari konsep dapat terlihat dari penutup sirip di dalam ruangan yang berbentuk segitiga. Pentup sirip memiliki pola dan bentuk berlubang dan merupakan anyaman. Fungsinya untuk meminimalisir cahaya yang masuk ke dalam ruangan sehingga ruangan terasa lebih nyaman dan sejuk. Tidak hanya itu, pengaplikasian beberapa sun shading yang berbentuk segitiga digunakan di beberapa area lainnya, yaitu area restaurant, dan area bar.

Untuk area kamar tidur, ciri khas bentuk dari konsep ini adalah permainan bentuk pada ceiling kamar tidur yang cenderung segitiga. Di dalam kamar juga didominasi oleh warna cokelat dan warna hitam untuk dibagian kamar mandinya. Warna cokelat dipercaya memiliki psikologis warna yang menenangkan dan lebih terasa alami, sehingga pengguna dapat merasakan kenyamanan tersendiri di dalam hotel Atria.