Karya: Mega Nurfah/2301908495

Maxone Hotel Balikpapan merupakan hotel butik bintang 3 yang berlokasi di kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Hotel ini memiliki target pasar para pebisnis dan keluarga. Menerapkan gaya Modern pop yang dikombinasikan dengan muatan lokal khas Kalimantan Timur. Memiliki 5 jenis tipe kamar, salah satunya adalah tipe Happiness Room. Tipe kamar ini memiliki konsep modern dengan hint warna-warna pastel. Furnitur yang akan dirancang adalah kursi kerja dan meja kerja dengan konsep tipe kamar Happines Room dengan menggunaan gaya “Young & Fun” pada desain sehingga dapat mendukung konsep kamar ini.

Pemilihan nama “Happy” dipilih Karena memiliki keterkaitan nama dengan tipe kamar pada Hotel Maxone. Set furnitur ini digunakan pada kamar hotel tipe Happiness Room. Penggunaan nama ini juga dipilih karena warna pada set furnitur yang memiliki warna-warna pastel mengikuti warna konsep hotel ini. Warna pastel memberikan kesan menyenangkan “Happy” pada set furnitur ini. Berdasarkan “Young & Fun” maka gaya yang dihasilkan adalah gaya furnitur modern. Sehingga bentuk yang digunakan adalah bentuk-bentuk furnitur yang simple tetapi tetap fungsional. Bentuk yang simple ini, dipilih untuk menciptakan kesan “Young” pada furnitur. Penggunaan warna pastel pada furnitur juga dipilih untuk mendukung gaya “Fun” dari furnitur.

Untuk memberikan kesan “Young & Fun” maka material yang digunakan adalah Kayu Sungkai pada bagian kerangka kursi dan meja. Kayu Sungkai dipilih Karena memiliki warna yang lebih terang dibanding kayu lainnya sehingga akan menimbulkan kesan “Young”. Untuk Aksesoris (Meja) pada bagian top table menggunakan material Arcylic Solid Surfaced berwarna kuning yang memberikan kesan “Fun”. Mengangkat gaya “Young & Fun” pada furnitur, ada beberapa warna yang dipilih yaitu warna coklat muda pada bagian kerangka kursi dan meja, warna Tosca pada kaki kursi dan meja, Jingga pada bagian sandaran kursi dan warna kuning pada top table.