Furniture Design 4: Line Furniture Set

Karya: Michelle Agung Indrajaya Senadjaja/2301887641

Line Furniture Set merupakan sebuah set kursi rias (bisa juga menjadi kursi santai) dengan meja rias. Set ini khusus di desain untuk Hotel deBraga by Artotel Bandung. Tepatnya Line Furniture Set akan diletakkan di Kamar Studio 25. Tema yang dipakai dalam perancangan ini adalah “Paduan Garis”. Dinamakan Paduan Garis karena desain set furniture ini didominasi dengan bentuk geometri dan garis-garis, sesuai dengan gaya yang sudah ada pada Kamar Studio 25. Selain permainan garis dan bentuk geometri, gaya yang dipakai adalah Art Deco. Mengingat gaya yang khas dari hotel ini sendiri menggunakan campuran gaya Art Deco dan de Stijl.

  Dari tema dan gaya yang diambil, desain kursi dan meja rias yang dirancang menekankan pada permainan rangka yang menjadi daya tarik tersendiri dari set furniture ini. Kemudian akan digunakan juga pola matahari dan pola air mancur yang identik dari gaya Art Deco. Dengan begitu warna yang terpilih adalah warna hitam, navy blue, dan gold. Warna hitam digunakan pada rangka kursi, meja, dan cermin rias. Navy blue digunakan pada dudukan dan sandaran kursi, serta ambalan meja rias. Sedangkan gold akan digunakan pada rangka dekoratif kursi dan meja rias, serta aksen dan handle laci pada meja. Penggunaan warna gold menekankan pada nuansa Art Deco yang kuat, karena memberikan kesan glamour dan mewah.

  Material yang digunakan untuk rangka kursi dan meja rias adalah besi hollow 30x30mm dengan finishing powder coating hitam. Untuk dudukan dan sandaran menggunakan busa furniture 4cm dan 2cm yang dilapis dengan kain rayon (viscose) berwarna navy blue. Rangka dekoratif kursi dan meja rias menggunakan besi hollow ∅ 12 inch dengan finishing powder coating gold. Sedangkan untuk rangka cermin menggunakan besi hollow 20x20mm dan 10x10mm dengan finishing powder coating hitam. Untuk meja menggunakan plywood 20mm yang diberi finishing cat duco navy blue.

Michelle Agung Indrajaya Senadjaja