Virtual Tour to Museum Volkenkunde Leiden, the Netherlands: Indonesia Permanent Exhibition

Pada tanggal 21 Juni 2022 yang lalu jurusan Desain Interior Binus bekerja sama denganĀ Santy Saptari Art Consulting (SSAC) kembali mengadakan Virtual Tour ke Volkenkunde Leiden, the Netherlands. Sebanyak 100 mahasiswa dari kelas Interior Design and Culture dan Final Projects serta tim dosen ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini secara daring melalui aplikasi zoom dari rumah masing-masing. Dalam Virtual Tour kali ini, mahasiswa diajak berkeliling mengunjungi pameran permanen pada Museum Volkenkunde yaitu Indonesian Permanent Exhibition dipandu langsung oleh kurator dari pameran tersebut yaitu Ms. Marjolein van Asdonck, Kurator Junior dari Museum Volkenkunde didampingi oleh Ibu Santy Saptari, Principal Consulting dari SSAC. Pameran ini dipilih sesuai dengan salah satu topik perkuliahan dalam kelas Interior Design and Culture yang membahas mengenai Sejarah Seni dan Budaya Indonesia.

Pameran ini menjelaskan mengenai berbagai hasil seni dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia yang merupakan koleksi dari Museum Volkenkunde, mulai dari koleksi arca dan koleksi seni dan kerajinan yang ditata sesuai dengan daerah asal dari koleksi tersebut, seperti area Indonesia Barat, seperti koleksi wayang, topeng dan keris, area Indonesia Timur, seperti koleksi patung, topeng dan lain sebagainya.

Penjelasan Ms. Van Asdonck yang cukup singkat namun padat disambut dengan berbagai pertanyaan dari peserta baik secara langsung maupun melalui kolom chat pada aplikasi zoom yang menunjukan antusiasme peserta dalam kegiatan Virtual Tour ini

Anak Agung Ayu Wulandari