Priscilla Valencia
2501959094

Stool ini terinspirasi dari sayap burung Scarlet Macaw, salah satu burung yang sering dijuluki dengan istilah colorful parrots. Sayapnya yang indah dan penuh warna membuat saya terkesima dan menjadikan burung ini sebagai inspirasi. Alas duduk stool ini terinspirasi dari bentuk sayapnya yang semakin keujung semakin melancip dan memanjang keluar. Finishing warna pada alas duduknya terinspirasi dari warna unik burung tersebut, yakni biru kuning dan merah, layaknya warna primer. Bentuknya pun melengkung menyerupai bentuk sayap.

Pada bagian belakang stool saya buat bentuknya menjadi setengah lingkaran agar tidak tajam dan aman saat diduduki, dan juga aman saat stool sedang diletakkan dekat anak-anak maupun orang tua. Material yang saya gunakan untuk membuat prototype stool 1:1 ini adalah kayu jati belanda untuk kaki-kakinya, plywood untuk alas duduknya, lem kayu, bor, dan cat kayu untuk finishing. Pembuatan alas duduk stool adalah dengan menggunakan laser cutting pada plywood, sedangkan untuk kaki-kakinya saya menggunakan kayu jati belanda dengan system sambungan half dovetail joint dan dowel joint.

Material kayu pada stool ini tetap saya ekspos pada bagian depan alas duduk dan kaki-kakinya untuk memperlihatkan keindahan warna natural yang dimiliki oleh kayu tersebut, dan juga serat kayunya. Pada bagian depan kaki-kakinya terdapat penyangga berbentuk melengkung yang berfungsi sebagai pijakan kaki agar dapat duduk dengan nyaman.