Clementhya Vania 2501988535

Residential project ini mengangkat konsep The Tropical Nederlandsch Oost-Indie. Konsep ini berasal dari ketertarikan user terhadap design classic dan menyukai european ambientce untuk desain interior rumahnya. Dari ketertarikan user itulah, konsep ini hadir. Nederlandsch Oost-Indie (Hindia Timur Belanda) merupakan istilah bagi Negara Indonesia saat dikuasai Negara Belanda. Belanda sendiri telah menguasai Indonesia selama 350 tahun. Jejak-jejak kolonialisme Belanda tentu masih melekat di Indonesia, salah satunya adalah pengaplikasian desain interior pada rumah-rumah di indonesia.

Sementara itu, konsep the tropical berasal dari analisa kegiatan sehari-hari user beserta keluarganya, dimana mereka suka berolahraga setiap minggu. Maka dari itu, disediakan area di tengah rumah sebagai patio, dengan adanya patio ini diharapkan bisa menjadi jembatan yang dapat menyejukkan sekaligus menambah kesan luas pada rumah tinggal user.  Dari kedua konsep yang cukup berbeda itulah, saya coba menjembataninya dengan konsep yang berjudul The Tropical Nederlandsch Oost-Indie.

The Tropical Nederlandsch Oost-Indie ini divisualisasikan dalam desain furniture yang tidak kaku dan penggunaan profil yang cukup dominan. Selain itu, dominasi penggunaan material kayu semakin menambah kesan homey, nyaman, klasik, dan elegan. Aksesoris interior ala Belanda-Indonesia seperti pemilihan lampu klasik ala Belanda dan pendant lamp Jawa menambah cirri khas dan keunikan dari project desain residential ini. Tak lupa, pemilihan warna dalam desain ini juga menyesuaikan konsep dengan menggunakan warna-warna earth tone dan warna netral seperti putih yang semakin menambah kesan clean pada hunian rumah.