Lois Joanne Khunawan
2440029901

Target proyek desain untuk Design Furniture III: Office kali ini adalah Bukalapak, yang merupakan perusahaan e-commerce yang berfokus pada segi online shop dengan 13,5 juta partner di seluruh Indonesia. Fokus utamanya adalah ruang direktur, yang berperan penting untuk keberlangsungan perusahaan. Furniture yang paling dibutuhkan adalah kursi direktur. Desain kursi direktur dapat mengisyaratkan posisi jabatan seseorang, maka desain proyeknyaadalah kursi kerja direktur beserta kursi hadap untuk tamu.

Berdasarkan studi kasus, desain kursi direktur akan mengutamakan kesan formal dan unik. Desain formal menekankan posisi direktur dan menunjukkan profesionalitas. Desain unik dipilih untuk menegaskan Bukalapak yang berbeda dari online shop lainnya.Konsep desain adalah logo Bukalapak yang bernama SiB. Berdasarkan web resmi Bukalapak, logo terbaru SiB ini memang dibuat berdasarkan filosofi identitas brand Bukalapak sehingga cocok digunakan sebagai concept statement.

Logo SiB digunakan sebagai sandaran tangan untuk desain kursi direktur. Hal ini memiliki makna bahwa keberlangsungan Bukalapak terdapat pada tangan seorang direktur. Selain itu, logo SiB diperjelas dengan border putih di atas merah sebagai penekanan bentuk logonya. Body kursi direktur terbuat dari material Fiberglass yang diwarnai warna merah gelap sebagai perwakilan warna utama logo bukalapak. Kemudian kursi dilengkapi dengan warna putih dari bantalan sandaran punggung dan dudukan kursi dengan bahan Ultra-Leather. Warnaputih yang mewakili warna utama kantor Headquarter Bukalapak yang monokromatik sehingga memberi kesan professional, formal, dan rapi. Rangka dalam kursi ini menggunakan bahan utama alumunium yang di-coat dengan warna abu-abu gelap. Selain rangka dalam, kaki kursi yang berbentuk lingkaran juga menggunakan bahan alumunium.

Selain desain yang dibuat dengan mempertimbangkan identitas brand dan kantor Bukalapak, kursi direktur juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan untuk mendukung kebutuhan ergonomic direktur saat bekerja. Fitur-fitur yang diaplikasikan adalah reclininguntuk mengatur sudut duduk untuk punggung, height adjuster untuk mengatur ketinggian dudukan kursi, dan swivel yang mempermudah pergerakan berotasi kursi dalam satu putaran penuh.