Michelle Cen
2440041655

Perancangan kursi direktur dan sandar ini didesain untuk ruangan direktur kantor Lazada. Lazada. Lazada Group sendiri adalah perusahaan e-commerce Asia Tenggara yang didirikan pada 27 Maret  2012 oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant. Konsep perancangan kursi tersebut yaitu origami dimana kata tersebut berasal dari bahasa Jepang “ori” yang memiliki arti lipatan dan “kami” yang berate kertas. Hal ini dapat dikatakan sebagai seni melipat kertas. Salah satu hal yang menjadi factor keindahan pada model origami adalah proporsi bentuknya. Origami juga dapat memperkuat pemahaman akan konsep geometri, rumus, dan label.

Konsep ini terinspirasi dari bentuk logo dan interior kantor Lazada yang geometris dan memiliki warna cukup banyak dan terang seperti orange, biru, dan lainnya. Terdapat juga warna netral pada background logo seperti putih. Hal ini juga sama dengan konsep origami dimana dalam membuat sebuah karya dibutuhkan konsentrasi dan perhitungan yang benar/serius, walau begitu hal tersebut dapat dilakukan dengan menyenangkan. Hal ini dapat dibuktikan dari konsep kantor Lazada yang menyediakan ruang bermain dan fasilitas atau layanan lainnya untuk para karyawannya. Begitu juga dengan mendesain kursi dimana mendesain terasa menyenangkan akan tetapi dalam mendesain kursi perlu ketelitian dan analisis yang baik dan benar.

Material yang digunakan untuk ori chair berupa plastik, mengingat plastic memiliki sifat yang fleksibel sama seperti kertas origami yang mudah dibentuk dan memiliki banyak pilihan warna. Plastik juga memiliki warna yang solid. Ori chair juga memiliki beberapa fitur untuk menaikkan dan menurunkan kursi serta armrest yang dapat digerakkan kearah kanan atau kiri .Kursi tersebut memiliki sandaran dan juga dudukan. Terakhir, terdapat sandaran punggung yang dapat dinaikkan dan diturunkan.