ID 3 Office: Nature’s Tranquility

Felynsa Phanella
2440058271

Nestlé adalah perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia dengan lebih dari 2000 brand. Nestlé memiliki tujuan meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat. Sesuai dengan tujuan tersebut, konsep design yang digunakan pada office tersebut adalah biophilic,dengan judul Nature’s Tranquility. Berdasarkan penelitian dari buku The Biophilia Hypothesis, E.O. Wilson mengatakan bahwa penggabungan elemen-elemen biophilic dalam suatu area kerja dapat meningkatkan kesehatan, motivasi, hingga kreativitas karyawan. Dengan kata lain, dapat mengarah pada peningkatan kinerja dan produktivitas.

 

Konsep design office tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga mampu menggambarkan ketenangan pada alam. Color scheme yang digunakan adalah warna netral, dimulai dari warna coklat hingga warna abu dengan aksen warna hijau pada tanaman dan upholstery. Material yang paling banyak digunakan adalah material bertekstur dengan tujuan untuk merangsang indra sentuhan. Material-material tersebut meliputi kayu, batu-batuan, linen, dan stucco. Work environment yang casual pada Nestlé juga diperlihatkan dari design layout secara keseluruhan dan penggunaan furniture yang organic dan flexible.

 

Terdapat beberapa hal yang menjadi keunikan dari design office tersebut, yaitu adanya kolom yang di finishing menyerupai batang dan ranting pohon, dan juga treatment ceiling pada beberapa area yang disusun secara abstrak seperti yang umumnya terdapat pada alam. Vegetasi juga merupakan salah satu factor utama dari design office tersebut. Penempatan tanaman tersebar dari floor hingga ceiling. Penelitian menemukan bahwa adanya interaksi dengan alam juga dapat memberikan kestabilan emosional yang lebih besar, dengan mengurangi ketegangan, kemarahan,  kelelahan, kebingungan,  dan gangguan mood total,  sehingga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dalam jangka panjang.

Felynsa Phanella