Pada hari jumat tanggal 2 desember 2022 lalu, Niro Granite mengadakan acara grand opening yang berkolaborasi bersama Iwan Tirta yang diadakan pada jam 10.00 – 12.00 WIB dan berlokasi di Sarinah, Thamrin, Jakarta. Pada kesempatan tersebut Niro Granite memperkenalkan koleksi terbaru mereka yang berkolaborasi bersama Iwan Tirta yang merupakan seorang perancang busana asal indonesia. Dengan adanya kolaborasi ini Niro Granite mengeluarkan koleksi desain keramik terbaru mereka yang diberi tajuk “NUSWAPADA”. koleksi terbaru mereka ini memiliki berbagai macam desain yang menggunakan unsur batik untuk polanya sendiri, koleksi NUSWAPADA ini memiliki ukuran 60×60 dengan ketebalan 9,8mm serta permukaan matt. Dalam Acara tersebut juga terdapat sesi tanya jawab antara narasumber perwakilan dari Niro Granit dan Mahasiswa Desain Interior Universitas Bina Nusantara. 

Perwakilan dari Niro Granit berfoto bersama mahasiswa BINUS

 

Niro Granite merupakan sebuah brand yang bernaung di PT. Niro Ceramic Indonesia. Brand Niro Granite ini lahir pada 43 tahun yang lalu. Niro granite menciptakan sebuah teknologi kemudian teknologi ini dibawa dari Swiss ke Malaysia tahun 1988. Setelah itu Niro Granit mulai lahir di Indonesia pada tahun 1995 yang pabriknya berlokasi di Gunung Putri, Bogor yang dimana diciptakannya produk Niro Granite berbahan lokal. Perusahaan niro granite juga concern terhadap sustainable yang ramah terhadap lingkungan.

Salah satu terobosan baru Niro Granit yaitu berkolaborasi dengan Iwan Tirta, seorang desainer yang sangat dikenal melalui rancangan-rancangannya yang menggunakan unsur-unsur batik. Batik pertama yang dibuat oleh Iwan tirta yaitu batik yang memiliki desain yang mewah dan serius. Sementara itu untuk desain yang kedua bernama Nuswapada yang diambil dari bahasa Sansekerta berarti ‘’pulau – pulau yang berjajar’’ , terinspirasi dari kain pulau – pulau Jawa dan Bali. Alasan dipilihnya inspirasi lokal ini karena ingin mempertajamkan kebudayaan Indonesia yaitu batik yang memiliki desain simple dan lebih mudah diaplikasikan ke area mana pun.

Koleksi dari Niro Granit bersama Iwan Tirta diproduksi di dalam negeri yang berlokasi pabrik di Gunung Putri Bogor, menghadirkan 4 series desain yaitu Ceplok Kembang Waru, Ceplok Bali, Ceplok Kawung Mlinjon, dan Manggaran, dengan total sepuluh pilihan warna.

Ceplok Kembang Waru – Motif Ceplok Kembang Waru terinspirasi dari desain geometri dan bunga. Motif ini bisa digunakan untuk kamar tidur, teras, untuk vila, hotel, restoran, dan cafe karena memiliki warna – warna yang cukup light.

Ceplok Bali – Motif Ceplok Bali terinspirasi dari motif bali yang bisa dilihat dari motif lengkung, bundar, dan bunga – bunga Bali.

Kawung Mlinjon – merepresentasikan sebuah keinginan dari seorang pemimpin yang baik itu seperti apa. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat menciptakan keharmonisan. Salah satu keinginan dari Niro Granit untuk bisa menggunakan desain ini pada area kantor dan pada cukup banyak tempat lainnya.

Motif Manggaran – dibuat lebih modern bisa digunakan untuk kamar hotel atau area ruang makan, rumah tinggal, café, kantor dan hotel. Dengan adanya motif – motif baru berupa batik inilah yang akan menjadikan salah satu cara untuk kita mempertahankan budaya Indonesia yaitu batik.

 

Sumber foto :

  1. nirogranite.co.id
  2.  Angela Merichi Z.