Pameran karya tugas akhir secara rutin diselenggarakan oleh jurusan Desain Interior Universitas Bina Nusantara sebagai bentuk apresiasi terhadap karya-karya terbaik dari proyek tugas akhir mahasiswa. Acara pembukaan pameran yang bertajuk “Unfolded” ini diselenggarakan pada Jumat, 11 November 2022 pada pukul 13.00-15.00 secara daring.

Dalam acara pembukaan terdapat acara sharing session bersama salah satu alumni Binusian 2015 Anastasia Jessica yang kini bekerja sebagai desainer di salah satu konsultan desain di Singapura. Dalam kesempatan tersebut ia yang menceritakan pengalamannya bekerja diluar negeri. Dari acara sharing session ini dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan track record bekerja diluar negeri butuh konsistensi untuk terus berusaha mencapai tantangan kerja. Perlu juga memiliki rasa tanggung jawab sehingga dapat membantu kita untuk berkomitmen terhadap pekerjaan dan menyelesaikannya sesuai yang diharapkan. Sebagai penutup, Anastasia Jessica juga memberikan tips untuk dapat bekerja di luar negeri juga harus memiliki kemampuan dalam berbahasa asing yang memadai seperti Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin sehingga dapat memperlancar komunikasi kita dengan klien.

Sharing session dan Designer talk dari para alumni (sumber: Amanda dan Angela)

 

Selain sharing session, ada pula designer talk bersama Binusian 2022 sekaligus perwakilan peserta pameran; Fiona Fiorensa (peminatan desain furnitur) dan Nefathslam (peminatan desain interior). Pada sesi bincang-bincang tersebut dipaparkan bagaimana mempersiapkan Tugas Akhir mereka. Kemudian dalam mempersiapkan Tugas Akhir, dapat disimpulkan bahwa butuh yang namanya konsentrasi dan kegigihan serta harus rajin untuk selalu asistensi dengan dosen pembimbing. Jangan menunda pekerjaan karena itu akan menghambat proses pengerjaan Tugas Akhir karena bisa saja akan terjadinya kendala – kendala yang akan terjadi disaat penyusunan Tugas Akhir.

Pameran offline di Galeri Karya Kampus Syahdan (sumber: Amanda dan Angela)

Pameran ini sendiri berlangsung hingga tanggal 18 November 2022. Sebagian karya ditampilkan secara offline di Galeri Karya Kampus Syahdan (R1A), sementara seluruh karya dapat disaksikan melalui https://bit.ly/unfolded2022. Diantara karya-karya terpilih itu, mengangkat isu sosial seperti kesehatan mental, desain inklusif, post-traumatic syndrome, dan banyak lagi karya menarik lainnya. Pameran ini sangat bermanfaat khususnya untuk memotivasi dan menginspirasi para binusan yang akan mengikuti Tugas Akhir di semester depan karena akan menampilkan karya-karya berupa hasil jurusan desain interior maupun desain furnitur.