Tepat tiga tahun yang lalu, terakhir kalinya Jurusan Desain Interior BINUS University menyelenggarakan pameran secara langsung di kampus Anggrek, Jakarta. Pada awal tahun 2019 itu Binusian 2023 berkesempatan untuk memamerkan karya proyek kelas Sense of Design di Plaza tengah kampus Anggrek. Antusiasme Binusian  di kampus Anggrek kala itu ramai dan bersemangar mengunjungi pameran karya mahasiswa berdimensi besar tersebut.

Tiga tahun masa pandemi covid-19 membatasi terselenggaranya pameran secara langsung. Alhasil, karya mahasiswa hanya dapat ditampilkan dalam bentuk digital melalui kanal media sosial dan situs web. Kini, setelah tiga tahun vakum, Binusian 2024 dan 2026 kembali berkesempatan untuk mewujudkan karya proyek kelas mereka dalam sebuah pameran bersama. Masing-masing mata kuliah memamerkan karya proyek kelas yang beragam, yaitu proyek Biomimicry dari kelas Sense of Design dari Binusian 2026, proyek furnitur dan aksesoris hotel karya Binusian 2024 peminatan Furniture and Accessories Design, dan proyek akhir kelas Design Methodology yang menampilkan proses riset dan perancangan terkait kebutuhan di dalam ruang. Bagi mahasiswa semester 1 (Binusian 2026), pameran ini menjadi tantangan bagi mereka yang baru memulai dunia perkuliahan. Di sini mereka harus mampu membangun konsep di dalam kelompok dan mewujudkannya menjadi karya berdimensi besar (1x1x1 meter). Di sisi lain, Binusian 2024 yang telah terbiasa melaksanakan perkuliahan secara daring pun mendapat ditantang berpacu dengan waktu untuk dapat mewujudkan karya skala 1:1 yang dapat dilihat langsung oleh pengunjung.

Informasi dan sekilas pandang suasana serta aktivitas di pameran ini dapat dilihat melalui Liputan BINUS TV berikut:

 

Pameran bertajuk “Out and About” ini juga diselenggarakan sebagai bentuk antusiasme menyambut perkuliahan tatap muka. Dengan mengusung gairah untuk menampilkan karya mereka, pameran yang berlangsung mulai tanggal 17-25 Januari 2023 ini berlokasi di Plaza lantai 2 kampus Anggrek Jakarta. Pameran dibuka langsung oleh ketua jurusan Desain Interior, Anak Agung Ayu Wulandari S.Sn., M.A. dan langsung dapat dikunjungi oleh Binusian di kampus Anggrek. Selain pameran karya, pengunjung juga dapat memilih karya favorit secara daring. Dari hasil voting, terpilih “Lanara Chair” karya Chelsea Elvina dan Kelompok “Semut Beludru Merah” karya Angelique Hongjoyo, Athaya Kirana, Dominique Angela, serta Gracia Jasmine sebagai karya terfavorit pilihan pengunjung. Selamat kepada karya terpilih, dan terus semangat dalam berkarya!(sc)