Karya: Yoshie Stella Christofel (2540122331)

Kursi hadap ini dirancang untuk kebutuhan ruang CEO kantor Tokopedia. Tokopedia merupakan salah satu mall belanja berbasis online . Kantor Tokopedia yang menjadi studi kasus menggunakan konsep open space dan modern industrialis. Dengan banyak menggunakan bentuk geometris dan dipadukan dengan material kayu serta warna hijau yang merupakan signature color dari Tokopedia. Kantor Tokopedia membutuhkan perancangan furniture yang dapat menjawab kebutuhan dari aktivitas pengguna yang biasanya digunakan untuk berdiskusi dan berkolaborasi. Maka dari itu dirancang furniture yang sesuai dengan kriteria ergonomis agar dapat memenuhi kebutuhan dari aktivitas penggunanya serta dapat mendukung citra identitas perusahaan.

 

Mengangkat konsep Lingkup Meraki, dimana Lingkup dapat diartikan sebagai tempat yang dapat menampung segala jenis makhluk hidup, sedangkan Meraki berasal dari bahasa Yunani yang artinya melakukan sesuatu dengan jiwa, kreatifitas dan cinta. Kursi hadap ini memiliki bentuk yang terinspirasi dari logo Tokopedia dengan mengambil bentuk kantong belanja, dimana konsep dari Lingkup Meraki diimplementasikan ke dalam bentuk bakul yang dapat diartikan sebuah wadah penyimpanan yang mampu menyimpan segala sesuatu yang diperlukan. Oleh karena itu untuk menerapkan konsep bentuk bakul yang menjadi wadah penyimpanan maka rangka kursi menggunakan material besi yang dinilai memiliki kelebihan yang lebih kokoh untuk menopang beban serta menggunakan material pendukung rotan dengan finishing natural dan juga velvet untuk menambah nilai estetika.

 

 

 

Warna kursi hadap ini terinspirasi dari signature color logo Tokopedia yaitu menggunakan dominasi warna hijau dan hitam. Warna hijau dipilih karena dapat memberikan kesan natural dengan tambahan warna hitam yang dapat memberikan kesan modern, serta penggunaan warna natural pada rotan yang dipilih untuk menerapkan konsep bentuk bakul. Pada tahap teknik pembuatan, rangka kursi melewati proses bending yang kemudian dirakit dengan proses pengelasan agar rangka dapat menyatu secara kokoh. Dan untuk penerapan konsep bentuk bakul, kursi juga diberikan anyaman rotan pada bagian backrest. Karena kursi hadap ini dirancang berdasarkan aktivitas pengguna yang biasanya digunakan untuk berdiskusi dan berkolaborasi, maka untuk menunjang aktivitas tersebut, kursi diberikan fitur seperti penggunaan busa yang tebal pada dudukan, sehingga dapat memberikan kenyamanan yang lebih optimal.