Karya: Valentine Fedora (2540120250)

Konsep desain yang diangkat untuk kursi ini adalah Kirana Adikara. Kirana memiliki makna keanggunan dan adikara memiliki makna mahkota sehingga “Kirana Adikara” berartikan keanggunan mahkota. Konsep ini terinspirasi dari bentuk logo dan visi misi Martha Tilaar. Bentuk logo Martha Tilaar yang tajam dan runcing namun tetap indah dengan lekukannya menggambarkan feminim dan keagungan. Mahkota juga menampilkan unsur alam melalui sulur-sulurnya yang natural. Selain itu, salah satu visi misi Martha Tilaar adalah untuk mencapai kejayaan sebagai perusahaan kecantikan global. Hal ini mencerminkan mahkota yang menjadi simbol penutup kepala pada jaman dahulu sebagai simbol kekuasaan, tahta, dan keagungan.

 

Mahkota diaplikasikan pada kursi hadap dengan banyak bentuk lengkung. Sandaran kursi memiliki sentuhan bundar yang menyerupai bentuk permata, dengan ukuran yang tinggi dan warna keemasan yang menggambarkan keagungan mahkota. Pemilihan warna putih dan emas pada kursi menggambarkan logo Martha Tilaar yang serupa. Warna mustard keemasan menambah kesan keagungan, sementara warna putih memberikan kesan suci dan feminin. Warna coklat gelap dipilih untuk mencocokkan dengan nilai-nilai alam dari visi misi Martha Tilaar, maka warna coklat yang identik dengan kayu dari pohon memberikan sentuhan alami pada kursi hadap.

Material kayu digunakan untuk konstruksi rangka kursi karena kekuatan dan ketahanannya, sedangkan material fabric emas dan putih digunakan untuk dudukan dan sandaran kursi hadap sebagai representasi keagungan dan feminim.