Karya: Fikriyah Rona Nafiah (2301951865)

“Laju Talu Imaji”, kata “Laju” memiliki arti bergerak dalam kecepatan dimana menggambarkan perusahaan Tokopedia yang selalu bergerak cepat dalam memberikan solusi serta inovasi untuk para penggunanya, kata “Talu” memiliki arti terus-menerus tiada henti, dan kata “Imaji” yang berartikan bayangan yang berkaitan dengan harapan atau mimpi. Sehingga design statement ‘Laju Talu Imaji’ memiliki arti gerakan tiada henti dalam mewujudkan mimpi atau cita-cita.

Konsep bentuk dalam perancangan furnitur ini diambil dari logo Tokopedia yang berupa burung hantu dan design statement. Elemen bentuk yang digunakan adalah garis lengkung dari garis wajah burung hantu, dipadukan dengan garis lurus yang dibuat menyambung dengan sudut tumpul untuk menginterpretasikan kata “Talu” dan memberikan kesan dinamis. Pemilihan material menyesuaikan dengan ambience interior pada kantor Tokopedia yang menggunakan banyak elemen natural sehingga ruangan terkesan hangat. Maka material yang digunakan dalam perancangan ini adalah kayu solid untuk rangka kursi dan material kain suede untuk melapisi cushion (dudukan). Untuk meminimalkan kesan monoton ditambahkan ornamen berupa repetisi garis menggunakan material besi pejal dengan warna bronze.

Warna yang digunakan dalam perancangan ini adalah hijau dan coklat dengan sedikit sentuhan warna bronze. Warna hijau diambil dari color identity perusahaan Tokopedia sendiri, sedangkan warna coklat merupakan warna dari hasil material yang terpilih yaitu kayu. Konstruksi menggunakan sambungan mortise & tenon, untuk memberikan sambungan yang kuat dan tahan lama, serta tampilan sambungan yang lebih rapi. Pada bagian besi digunakan sistem tanam dengan perekat ke dalam kayu.