Karya: Jo Keisha Audrey Pizzonya (2540096421)

Opus Patitis merupakan gabungan antara 2 kata, yakni Opus dan Patitis. ‘Opus‘ sendiri merupakan bahasa latin yang berarti bekerja, sedangkan ‘Patitis‘ merupakan bahasa Sansekerta yang berarti tepat dan efisien. Maka dari itu, Opus Patitis memiliki arti “Bekerja dengan cepat dan tepat”. Konsep bentuk yang diambil adalah bentuk dari logo Lazada itu sendiri. Bentuknya yang seperti hati, memiliki arti tersembunyi, yaitu komitmen akan memberikan pelayanan terbaik dari hati untuk para pelanggan.

Inspirasi bentuk berasal dari logo Lazada yang memiliki 2 arti, yaitu huruf “L” yang datang dari huruf paling depan dari kata ‘LAZADA’, dan bentuk hati geometris yang dibuat tersirat. Karena huruf “L” dan bentuk hati pada logo Lazada dibentuk dari garis (geometris), maka pengembangan bentuk kursi juga menggunakan bentuk-bentuk yang geometris. Warna yang dipilih terinspirasi dari warna-warna yang ada pada logo dan tulisan Lazada. Dapat dilihat dari tampilan aplikasi maupun website Lazada yang didominasi oleh warna biru dongker, pink menyala, dan orange. Warna biru dongker melambangkan semangat dan warna pink melambangkan jiwa yang muda. Sementara itu warna orange memiliki arti kepercayaan diri dan keceriaan.

Material yang dipilih adalah material yang dapat mewakili sifat geometris, maka dari itu besi adalah material yang dipilih untuk mewakili sifat geometri yang kaku, kuat, dan tegas. Besi ini digunakan sebagai kerangka kaki dan senderan tangan agar dapat menghasilkan kursi yang kuat dan kokoh. Sedangkan pada bagian dudukan dan sandaran kursi, pemilihan kain fabric dipilih agar dapat mewakili sifat dari hati, yaitu lembut.