Karya: Cecilia Valentina Kurnia (2501987311)

Konsep yang digunakan dalam merancang desain furnitur kursi menggunakan inspirasi bentuk-bentuk modular, dimana bentuk furniturnya menyesuaikan konsep utama yang dituju yaitu Kuat Bertalu, yang memiliki makna ikatan atau hubungan yang kuat sehingga nantinya desain kursinya pun akan saling terlihat berhubungan dengan bagian lainnya dan memiliki desain yang repetitif. Konsep ini menyesuaikan dengan konsep interior dari kantor Bank Mandiri sebagai studi kasus yang minimalist modern dan menggunakan warna-warna yang menyesuaikan dengan Bank Mandiri itu sendiri, serta terdapat penggunaan corak-corak seperti batik yang dimana menjadi identitas dari budaya Indonesia, sehingga penggunaan material buat perancangan kursinya akan menggunakan material khas dari Indonesia juga.

 

Warna yang akan diterapkan pada perancangan furnitur kursi hadapnya terinspirasi dari warna logo Bank Mandiri, yaitu warna biru tua dan warna gradasi kuning-keemasan. Warna biru tua akan diterapkan dibagian rangka-rangka kursi seperti bagian sandaran punggung, tangan, kaki, dan dudukannya, sedangkan warna gradasi kuning-keemasan akan diterapkan di cushion dudukannya.

Material yang digunakan untuk rangka-rangka sandaran tangan, kaki kursi hingga bagian sandaran punggung menggunakan material rotan, karena mudah dibentuk dan juga memiliki tingkat kekuatan dan ketahanan yang lama. Rangka-rangka kursinya akan menggunakan finishing dengan menggunakan cat semprot dengan warna biru tua/navy. Sedangkan untuk pelapis cushion dudukan menggunakan kain bludru atau velvet yang nantinya akan menyesuaikan dengan warna logo Bank Mandiri itu sendiri.