Mahasiswa jurusan Desain Interior B27 BINUS University memiliki pengalaman tak terlupakan saat mengunjungi Museum MACAN di Jakarta pada 26 September 2023. Tur pembelajaran seni di Museum Macan terdiri dari dua area pameran yang sangat berbeda dan diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk mengasah “sense of design” mereka.

Pada area pertama, “di sini, d.l.l.”, mahasiswa diajak untuk melihat ke dalam koleksi seni lukis Museum MACAN. Mahasiswa mengamati karya-karya penting seperti lukisan Raden Saleh, Walter Spies, S. Sudjojono, Hendra Gunawan, Affandi, dan seniman Indonesia lainnya yang menarik mengenai bagaimana seniman terlibat dalam mempresentasikan kehidupan sehari-hari rakyat Indonesia sebagai cerminan pengalaman sosial dan budaya lokal Indonesia.

Selanjutnya, mahasiswa memasuki area kedua yaitu pameran “Somewhere, Elsewhere, Nowhere” oleh seniman Filipina, Isabel dan Alfredo Aquilizan. Instalasi berukuran besar dalam pameran ini mengeksplorasi perkembangan perkotaan, perjalanan, dan pergerakan manusia. Material daur ulang seperti karton dan plastik banyak digunakan dalam karya-karya Isabel dan Aquilizan. Pameran ini juga menghadirkan terapan pembelajaran dwimatra dan trimatra yang diolah dengan apik, menginspirasi mahasiswa untuk berpikir kreatif dan dapat diaplikasikan kedalam mata kuliah sense of design.

Tur seni ini memberikan wawasan yang luas mengenai seni, desain, dan berbagai bentuk kreativitas. Di samping itu, mahasiswa mendapatkan pemahaman yang lebih dalam mengenai bagaimana konsep desain dapat diaplikasikan dalam berbagai konteks. Museum MACAN Jakarta telah menjadi sumber pembelajaran berharga yang memperkaya “rasa desain” mahasiswa dan menjadi inspirasi untuk terus mengembangkan kreativitas mahasiswa yang dituangkan ke dalam bidang desain interior.