Kontributor: Audrey Kania Putri (B24) | Marcella Novyani S. (B24)

Selain memamerkan hasil karya, pameran IFFINA kali ini juga memberikan banyak manfaat bagi universitas dan mahasiswa yang karyanya dipamerkan serta mahasiswa yang hadir dan bertugas di area booth universitas. Selepas absen 3 tahun karena pandemi Covid-19, mahasiswa menemukan kembali gairah berpameran, berinteraksi dengan mahasiswa lain, belajar berkomunikasi dengan potential buyers, memperkaya relasi, menambah inspirasi dan insight dari dunia industri. Hal ini juga menjadi titik temu dan membangun sarana diskusi sesama mahasiswa penampil karya.

 

IFFINA (International Furniture and Craft Fair) merupakan pameran industri desain kriya dan furnitur yang sekaligus menjadi titik temu kumpul berbagai desainer skala internasional. IFFINA telah diakui dalam rangkaian pameran ASEAN Furniture Industries Council. Pameran yang diselenggarakan oleh ASMINDO ini berlangsung di ICE BSD pada tanggal 14 -17 September 2023. Lebih dari 300 produsen dan perusahaan yang bergerak di industri mebel dan kerajinan dari berbagai penjuru nusantara ikut serta meramaikan gelaran  tahunan ini. Dalam ajang ini terdapat 5 kategori utama yakni furniture, craft, project design, homeware and home fabric serta decorative and gift.

Tidak hanya perusahaan yang ikut ambil bagian dalam pameran ini, IFFINA 2023 kali ini juga memberikan ruang pada universitas untuk turut bergabung memamerkan hasil karya para mahasiswanya melalui fasilitas dari HDMI (Himpunan Desainer Mebel Indonesia) dalam University Design District dan booth independen. Beberapa universitas yang ikut serta dalam IFFINA 2023 di antaranya Binus University Jakarta, Malang, dan Bandung, LaSalle College Jakarta, ISI Solo, Universitas Pelita Harapan, Universitas Paramadina, Universitas Tarumanegara, dan Universitas Ciputra. Universitas yang ikut serta menampilkan banyak hasil karya mahasiswa. Semua hasil karya mahasiswa berupa furnitur yang ditampilkan pun juga memiliki cerita dan latar belakang yang dijadikan inspirasi dalam pembuatan furnitur tersebut sehingga pada akhirnya bisa terwujud dan terealisasikan. BINUS University Jakarta ikut serta meramaikan pameran IFFINA kali ini dengan menampilkan beberapa hasil karya mahasiswa berupa furnitur, stool, sofa, meja dan kursi yang memiliki bentuk unik.

Selain itu, da pula beberapa hasil karya dari mahasiswa yang diikutsertakan pada Design Boulevard, yaitu paviliun khusus karya terbaik dari mahasiswa dan profesional yang telah dikurasi. Pada kesempatan tersebut Jurusan Desain Interior BINUS University Jakarta mengirimkan Meraki Chair karya dari Yoshie Stella Cristoffel. Karya desain kursi berlapis velvet sintetis hijau dan sentuhan anyaman rotan sintetis tersebut berhasil meraih pemenang ketiga dan dinobatkan sebagai “The Most Expressive Product Category”.