Teks: Audrey Kania Putri (B24) | Foto: Miftahunnaja (B24) dan Marcella Novyani S. (B24)

IFFEST (Interior and Furniture Design Festival) merupakan salah satu acara rutin yang di selenggarakan oleh Desain Interior lab untuk menjadi acara tahunan yang terdiri atas rangkaian pameran karya tugas akhir serta berbagai kegiatan lain seperti sharing session bersama alumni dan mitra dari Industri. Tahun ini IFFEST 2023 mengusung tajuk, “Jelajah Ruang Masyarakat Kini” yang ingin mengajak publik untuk mengeksplorasi ruang-ruang di masyarakat yang bukan hanya bersifat komersil, namun juga beririsan dengan kebutuhan serta aktivitas sehari-hari kita sebagai masyarakat post modern.

Pada rangkaian acara ini, pameran karya tugas akhir merupakan acara utama sekaligus inti sebagai  bentuk apresiasi terhadap karya-karya terbaik tugas akhir para mahasiswa  jurusan desain interior BINUS University Jakarta. Mereka yang karyanya dipamerkan merupakan karya terpilih dari para BINUSIAN 2023 yang telah berhasil lulus dengan nilai tugas akhir terbaik. Acara ini berlokasi di area Kampus Anggrek BINUS UNIVERSITY Jakarta, tepatnya di area Plaza lantai 2, dibuka oleh kepala Laboratorium Desain Interior BINUS University Jakarta pada 21 November 2023. Di antara karya yang dipamerkan terdapat tema yang menarik kemudian diangkat para mahasiswa sebagai proyek tugas akhir mereka, seperti adjustable  furniture untuk anak, ruang bagi komunitas lansia, serta pusat terapi untuk penderita OSA (Obstructive Sleep Apnea).


Terdapat 19 poster karya yang menjelaskan mengenai proses desain dan karya akhir dari para mahasiswa. Poster tersebut berisi latar belakang judul karya, layout plan beserta potongannya dan beberapa gambar ilustrasi 3 Dimensi dari proyek tersebut. Daam acara tersebut juga terdapat 5 karya furnitur dari para mahasiswa peminatan Desain Furnitur yang dipamerkan secara fisik dalam pameran yang dihelat selama 5 hari tersebut. Selain dapat disaksikan secara luring, karya-karya tugas akhir mahasiswa lainnya juga dapat dilihat dengan mengunjungi laman https://interior.binus.ac.id/finalprojects

Selamat Menjelajah!