Perancangan Desain Interior Pusat Edukasi Waste Material Di Jakarta

Aurelia Uisteanta Charlaxenia (2301853911)

Pusat Edukasi Waste Material merupakan fasilitas informasi dan edukasi yang dirancang bagi warga Jakarta tentang pentingnya pengelolaan sampah dan potensi inovasi yang terkandung dalam material sampah. Pusat edukasi ini bertujuan untuk mengubah pola pikir warga Jakarta dari sesuatu yang perlu dibuang menjadi sumber daya yang bernilai.

Studi ini berkaitan dengan desain interior sebuah pusat pendidikan sampah di Jakarta. Melalui penelitian dokumenter, survei lapangan dan metode analisis desain, aspek-aspek penting dari desain interior pusat pendidikan ini dipelajari dan diterapkan dalam proses desain. Desain interior pusat edukasi ini meliputi pemilihan material daur ulang dan ramah lingkungan, tata letak ruangan yang efisien dan penggunaan elemen desain yang menarik untuk menciptakan suasana yang inspiratif dan interaktif bagi pengunjung.

Selain itu, teknologi informasi dan komunikasi diterapkan untuk memperkaya pengalaman belajar pengunjung melalui pemanfaatan media visual. Melalui Pusat Pendidikan Bahan Sampah, diharapkan masyarakat Jakarta dapat memahami pentingnya pengelolaan sampah dan memanfaatkannya secara kreatif. Dengan ilmu yang didapat, diharapkan masyarakat mampu mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan, mempraktekkan pengelolaan sampah yang berkelanjutan dan ikut serta dalam upaya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di Jakarta.