Perancangan Interior Fasilitas Pelatihan E-Sports Di Jakarta

Yosua Jeremy Arbi (2301857411)

Gaming Facility  adalah salah satu kriteria yang wajib dalam esports, dimana banyak tim dari Indonesia tidak mempunyai tempat latihan yang baik, dengan kurangnya memperhatikan sirkulasi, pencahayaan, akustik, maupun penghawaan. Konsep yang direncanakan  adalah konsep yang bisa memberikan penghawaan, pencahayaan, akustik, maupun sirkulasi yang baik, dengan menggunakan teknologi sebagai konsep tambahan seperti teknologi ruang tekanan negatif di ruang pelatihan.

Ruang Tekanan Negatif adalah sebuah teknologi interior yang digunakan kedokteran pada masa pandemi Covid-19 dengan memberikan tekanan udara yang lebih rendah dari pada di luar ruangan, sehingga membuat penghawaan yang buruk dari dalam tidak keluar ruangan, dan juga menyebabkan dampak kepada kedap suara. Teknologi Ruang Negatif ini dibuat untuk mencegah penularan penyakit yang menyebar melalui udara, membuat tekanan udara di dalam ruangan lebih rendah dari tekanan udara ruangan luar, sehingga udara dari dalam ruangan terjebak di dalam dan tidak bisa keluar.

Tekanan Ruang Negatif pun memiliki banyak alat teknologi sama pengimplementasinya, dari air suction vent, filterisasi, Air Conditioner, dan juga Hepa dalam penyaringan kuman dalam ruangan. Adanya teknologi ini untuk melindungi para staf yang bekerja maupun pemain yang melakukan latihan. Menjaga penghawaan maupun sirkulasi untuk penghuni di dalam pelatihan itu. Menggunakan konsep studi bentuk dari seekor lebah dimana konsep ini diaplikasikan ke dalam lantai, dinding, maupun ada beberapa di furnitur. Banyak studi literatur yang menunjukkan bahwa lebah mempunyai ciri-ciri berkomunikasi dan juga cara mereka bekerjasama dengan sesamanya.