Perancangan Furnitur Dan Aksesoris Interior Pada Museum Teh Di Jakarta

Cristella Natania (2301859940)

Budaya meminum teh melekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Indonesia memiliki beberapa tradisi minum the yang menjadi nilai budaya bagi Indonesia. Teh disebut juga dengan minuman rakyat karena dapat dinikmati dimana saja, kapan saja, dan dapat dinikmati oleh semua kalangan. Minuman Teh termasuk komoditas unggulan dari bidang pertanian di Indonesia.

Penelitian ini diperlukan perancangan fasilitas yang dapat mewadahi teh sebagai minuman yang memiliki nilai sejarah dan budayayang harus di lestarikan. Museum teh bertujuan untuk menyebarluaskan berbagai macam produk teh lokal Indonesia. Perancangan furnitur dan aksesoris ini mengambil inspirasi dari lokal konten teh itu sendiri dari pemetikan daun teh dan mengaddaptasi bentuk dari daun teh itu sendiri.

Metode penelitian ini melewati 2 tahapan, yaitu melalui tahapan penelitian kemudian dilanjutkan dengan tahapan perancangan. Pada perancangan ini dilakukan survei onsite ke 3 tempat. Penelitian ini menggunakan material natural dan alami seperti kayu dan anyaman rotan yang aman bagi seluruh pengguna museum. Hasil perancangan dari penelitian ini berupa furnitur dan aksesoris interior yang dapat mendukung aktivitas dan fasilitas pengunjung yang sesuai dengan ergonomis dan antropometri manusia, serta menggunakan material dan finishingyang aman. Sehingga penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat ke depannya bagi banyak masyarakat maupun komunitas tertentu.