Fanny Afnan Jannati (2301958303)

Berlatar-belakang perubahan pola bermain anak yang disebabkan oleh perkembangan teknologi serta kurangnya eksistensi permainan tradisional Nusantara di masyarakat,  Perancangan Interior Fasilitas Edutainment Permainan Tradisional Nusantara di Jakarta ini dibuat sebagai sarana edutainment serta melestarikan permainan tradisional Nusantara. Fasilitas Edutainment Permainan Tradisional Nusantara merupakan sarana edukasi sambil bermain untuk anak yang dilengkapi dengan berbagai jenis permainan tradisional serta display interaktif dengan tujuan memperkenalkan budaya permainan tradisional kepada pengunjung serta berpengaruh terhadap perkembangan anak dari segi pola bermain. 

Konsep yang diterapkan pada perancangan ini adalah “Taman Dolan Kaharsa”. Taman pada umumnya identik dengan lahan terbuka yang dilengkapi dengan tanaman, menggambarkan suasana di mana permainan tradisional biasa dilakukan. ‘Dolan’ diambil dari bahasa jawa yang berarti ‘bermain’, sedangkan ‘Kaharsa’ menurut bahasa sansekerta berarti ‘kebahagiaan’. Konsep ‘Taman Dolan Kaharsa’ menggambarkan suasana bermain di tempat terbuka yang menciptakan kebahagiaan.

Citra ruang yang ditampilkan berupa suasana alam terbuka yang natural dengan aksen warna cerah serta bentuk semi organik yang menggambarkan karakter bermain yaitu bebas dan menyenangkan. Studi bentuk yang diciptakan terinspirasi dari salah satu permainan tradisional yaitu Ular Naga. Tampak atas permainan ular naga membentuk lengkungan dengan lingkaran yang dapat merepresentasikan karakter bermain pada anak yang dinamis. Material yang digunakan menciptakan suasana natural alam terbuka di Indonesia seperti motif kayu, concrete, dan rumput dengan warna dominan hijau dan coklat. Studi bentuk, warna, serta material yang ditentukan diterapkan pada pola lantai, treatment dinding, partisi, maupun furniture yang ada pada interior.